Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Big Ben Inggris Kembali Berbunyi Saat Tahun Baru Setelah 4 Tahun Diperbaiki

Kompas.com - 01/01/2022, 09:27 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber CNN

KOMPAS.com - Big Ben, menara jam raksasa yang menjadi salah satu ikon Inggris, kembali berbunyi saat malam tahun baru 2022 setelah melewati proses perbaikan selama empat tahun. 

Pada Jumat (31/12/2021), jam yang berada di dalam Elizabeth Tower di Gedung Parlemen London ini berdentang pada pukul 12.00, 16.00, 21.00, 22.00, 23.00, dan 24.00 waktu setempat.

Baca juga:

Melansir laman Parlemen Inggris, sebelumnya Big Ben telah menjalani sejumlah pengujian guna memastikan jam tersebut benar-benar berdentang pada tengah malam. Adapun periode pengujian berlangsung pada 29-30 Desember 2021. 

Bagian East Dial dari jam raksasa tersebut, yang menghadap Sungai Thames, juga dinyalakan pada malam pergantian tahun. 

Big Ben terakhir berbunyi pada 2017

Big Ben terakhir kali berdentang pada 21 Agustus 2017, sebelum menjalani proyek perbaikan intensif yang sangat dibutuhkan.
AFP PHOTO/HOLLIE ADAMS Big Ben terakhir kali berdentang pada 21 Agustus 2017, sebelum menjalani proyek perbaikan intensif yang sangat dibutuhkan.

Walau kini Big Ben dikenal sebagai menara jam raksasa, namun sesungguhnya nama tersebut merujuk pada bel raksasa di dalam menara yang biasanya berbunyi setiap jam. 

Jam tersebut berdentang untuk terakhir kalinya pada 21 Agustus 2017 sebelum menjalani proses perbaikan intensif selama empat tahun. 

Cumbria Clock Company yang berlokasi di Lake District, Inggris, bertugas untuk membersihkan permukaan jam, mekanisme bel, dan sekitar 1.000 bagian dari jam tersebut. 

Jam tersebut memiliki berat sekitar lima ton dengan tinggi sekitar 2,1 meter. 

Baca juga:

Menurut salah satu mekanik jam dari Parlemen, Ian Westworth, menjadi bagian dari proses perbaikan Big Ben memiliki keistimewaan tersendiri.

"Rasanya akan cukup emosional ketika semuanya berakhir - kesedihan akan ada ketika proyek ini selesai, tapi juga kebahagiaan karena kami telah mengembalikan (kondisi jam) dan membuatnya kembali bergerak lagi," kata Westworth, dikutip dari CNNSabtu (1/1/2022).

Sebagai informasi, biaya perbaikan Big Ben mencapai 79,7 poundsterling atau sekitar Rp 1,5 triliun. 

Pada awal tahun 2021, tim yang memperbaiki Big Ben menemukan kerusakan yang cukup luas akibat Perang Dunia II. Kerusakan yang baru terungkap ketika seluruh bagian jam dibongkar ini menyebabkan proses perbaikan menjadi lebih lama dengan biaya yang lebih besar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com