Kompas.com - 01/01/2022, 15:34 WIB
Istana Anak-anak, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta DOK. Shutterstock/saiko3p Shutterstock/saiko3pIstana Anak-anak, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta DOK. Shutterstock/saiko3p

KOMPAS.com - Jam buka Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur dibatasi hingga pukul 15.00 WIB selama periode uji coba pembukaan untuk umum, Sabtu (1/1/2022).

Adapun jam operasional TMII adalah mulai pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB. 

Melansir Antara, Sabtu, aturan tersebut mengacu pada Keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Nomor 790 Tahun 2021. 

Baca juga:

Mulai pukul 14.00 WIB, petugas keamanan dan TNI-Polri berkeliling guna mengimbau wisatawan untuk menyudahi kegiatan di anjungan dan wahana permainan. 

Sebagai informasi, saat ini TMII tengah menjalankan uji coba pembukaan kembali untuk umum selama pandemi Covid-19.

Menurut Humas TMII, Adi Wibowo, pembukaan tersebut tidak menerapkan batasan usia pengunjung. 

Wisatawan bersantai di salah satu anjungan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Sabtu (1/1/2021).ANTARA/Andi Firdaus Wisatawan bersantai di salah satu anjungan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Sabtu (1/1/2021).

"Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di lingkungan TMII berada pada level 1 atau 75 persen dari total kapasitas. 75 persen itu setara 45.000 pengunjung. Kita sedang uji coba buka untuk umum di masa pandemi ini," kata Adi.

Menurut jumlah transaksi tiket masuk hingga pukul 14.00 WIB, terdapat 15.471 wisatawan yang mengunjungi TMII. 

Dari segi alat transportasi, terdapat lima unit bus, 1.943 unit mobil, 2.521 unit motor, dan 71 unit sepeda. 

Baca juga:

Wisatawan yang ingin mengunjungi TMII, khususnya hingga Minggu (2/2/2022), dianjurkan untuk melakukan pemesanan terlebih dahulu minimal sehari sebelum hari berkunjung. Mereka bisa memesan secara online melalui tamanmini.com.

Selain itu, pengunjung diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, di antaranya memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, menggunakan hand sanitizer, dan mencuci tangan dengan sabun. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.