Kompas.com - 01/01/2022, 16:04 WIB
Ilustrasi pesawat Dok. Pexels/ Sourav Mishra Ilustrasi pesawat

KOMPAS.com – Sebagian orang bisa jadi sudah sangat sering naik pesawat dalam sebuah perjalanan untuk liburan atau pekerjaan. 

Namun, sepertinya tak semua orang mengetahui fakta-fakta tersembunyi atau rahasia dari suatu pesawat. 

Bisa jadi, ada berbagai pertanyaan atau tanda tanya mengenai berbagai hal di pesawat yang hingga saat ini belum terjawab.

Baca juga: Bukan karena Estetika, Ini Alasan Jendela Pesawat Berbentuk Oval

Oleh karena itu Kompas.com akan mencoba menjelaskan berbagai fakta mengenai pesawat, dikutip dari Reader's Digest, Sabtu (1/1/2022):

1. Selimut dalam pesawat jarang dicuci

Beberapa penerbangan jarak jauh yang memakan waktu panjang, menyediakan selimut untuk para penumpangnya agar tidur lebih nyaman.

Sayangnya tak semua selimut itu benar-benar baru atau bisa dibilang terkadang selimut yang sudah dipakai orang lain dilipat lagi kemudian diberikan ke penumpang selanjutnya.

Baca juga: Jangan Lupa Bawa 5 Benda Ini Saat Naik Pesawat agar Mudah dan Tak Ribet

Jadi, tak ada yang namanya proses mencuci selimut. Laporan Wall Street Journal menemukan bahwa maskapai penerbangan hanya membersihkan selimut setiap lima hingga 30 hari sekali.

2. Cara pramugari menangani penumpang nakal

Terkadang dalam sebuah penerbangan ada, saja penumpang yang bertindak seenaknya terhadap awak kabin. Jika benar-benar terjadi sesuatu hal  di luar kendali, penumpang yang bermasalah itu akan diborgol demi keamanan. 

Beberapa maskapai penerbangan menyimpan manset zip-tie plastik di pesawat yang bisa dipakai untuk memborgol. 

Ilustrasi pramugari menyajikan minuman di dalam pesawat.Shutterstock/Bignai Ilustrasi pramugari menyajikan minuman di dalam pesawat.

Baca juga: 5 Cara Temukan Kursi Terbaik dan Ternyaman di Pesawat

Sementara itu menurut Express, maskapai lain akan mengizinkan pramugari untuk memborgol penumpang dengan sabuk pengaman.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.