Kompas.com - 02/01/2022, 07:31 WIB

KOMPAS.com – Calon penumpang kereta api jarak jauh kini makin mudah dalam mendapat layanan tes antigen di stasiun. Itu karena harga tes antigen turun dari Rp 45.000 menjadi Rp 35.000 per 1 Januari 2021.

Jika hendak memanfaatkan tes antigen di stasiun dengan harga terjangkau tersebut, ada ketentuan yang harus dipenuhi calon penumpang.

Dilansir Antara, Sabtu (1/1/2022), calon penumpang kereta api yang akan melakukan tes antigen di stasiun dengan harga terbaru itu harus memiliki kode booking tiket.

Baca juga: Tarif Tes Antigen untuk Naik KA Turun Jadi Rp35.000, Ini 83 Stasiun yang Melayani

Adapun hasil tes antigen negatif merupakan salah satu syarat perjalanan dengan kereta api jarak jauh selama periode libur Natal dan tahun baru 2022.

“Calon penumpang diimbau untuk memperhatikan dan melengkapi persyaratan naik kereta api jarak jauh pada masa libur Natal dan tahun baru,” kata Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero), diberitakan Antara, Sabtu.

Calon penumpang yang hedak melakukan perjalanan dengan kereta api jarak jauh juga diimbau melakukan tes antigen H-1 sebelum keberangkatan.

Tiket kembali 100 persen jika hasil tes positif

Apabila hasil tes antigen negatif, maka calon penumpang dapat menggunakannya untuk melengkapi syarat perjalanan.

Namun jika hasil tes positif, calon penumpang tidak diperkenankan untuk melakukan perjalanan.

Stasiun GambirKAI Stasiun Gambir

“Jika setelah proses antigen mendapatkan hasil positif, maka bea tiket dapat dikembalikan 100 persen secara tunai di loket stasiun,” ujar Eva.

Sementara itu, ada lima stasiun di area Daerah operasional (Daop) 1 Jakarta yang melayani rapid tes antigen.

Baca juga: Syarat Perjalanan Darat Selama Libur Natal dan Tahun Baru, Wajib Tes Antigen

Kelima stasiun berserta jadwalnya adalah Stasiun Gambir (06.00-21.00 WIB), Stasiun Pasarsenen (05.00-22.30 WIB), Stasiun Bekasi (09.00-18.00 WIB), Stasiun Karawang (08.30-17.30 WIB), dan Stasiun Cikampek (09.30-18.30 WIB).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.