Kompas.com - 03/01/2022, 20:14 WIB
Lanskap Gunung Rinjani terlihat dari puncak Bukit Pergasingan, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Kamis (19/3/2015). Puncak Bukit Pergasingan menjadi pilihan wisata trekking di Lombok Timur untuk menyaksikan matahari terbit dan lanskap Gunung Rinjani. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO KRISTIANTO PURNOMOLanskap Gunung Rinjani terlihat dari puncak Bukit Pergasingan, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Kamis (19/3/2015). Puncak Bukit Pergasingan menjadi pilihan wisata trekking di Lombok Timur untuk menyaksikan matahari terbit dan lanskap Gunung Rinjani. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, media sosial diramaikan oleh berita penipuan open trip di Gunung Rinjani, akibat ulah seorang oknum operator perjalanan wisata.

Dilansir Tribun Lombok, Senin (3/1/2021), kejadian tersebut lantas membuat sebanyak 70 orang peserta tur terlantar saat pendakian.

Nah, agar terhindar dari penipuan oknum-oknum tidak bertanggung jawab seperti ini, apa saja yang harus diperhatikan sebelum memutuskan ikut open trip?

1. Pastikan legalitas travel agent

Tentunya legalitas adalah yang terpenting agar kamu merasa aman, sebagaimana disampaikan Ketua Umum ASTINDO Pauline Suharno kepada Kompas.com, Senin (3/1/2022).

Baca juga:

"Jika legalitas perusahaannya jelas, paling tidak akan memudahkan konsumen melacak apabila ada ketidaksesuaian antara produk yang ditawarkan atau jika terms and condition juga tidak seperti yang disebutkan," tutur Pauline.

Pauline menambahkan, ada sejumlah cara untuk mengecek legalitas tersebut, salah satunya ialah saat transfer pembayaran.

"Biasanya travel agent harus menggunakan rekening perusahaan," sambungnya.

2. Cek Instagram tour operator

Tips berikutnya ialah dengan mengecek akun media sosial tour operator yang hendak kamu gunakan.

"Cek akun media sosial, seperti Instagram, YouTube, TikTok, dan lainnya," kata pemilik Nusa Lembongan Tour Nova Yanthi kepada Kompas.com pada Senin (3/1/2022).

Ilustrasi liburan terencana Dok. PegiPegi Ilustrasi liburan terencana

Biasanya, akun yang tepercaya akan membagikan testimoni dari pelanggan yang pernah menggunakan jasanya, baik berupa repost foto maupun bukti transfer pembayaran trip.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.