Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

40 Kota yang Wajib Dikunjungi oleh Penggemar Seni dan Budaya

Kompas.com - 04/01/2022, 12:31 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Money

KOMPAS.com - Seni bisa ditemukan di berbagai sudut sebuah kota, mulai dari galeri seni hingga museum dan mural yang kerap dijumpai pejalan kaki. 

Namun, ada beberapa kota di dunia yang dinilai wajib dikunjungi oleh para penggemar karya seni dan budaya. 

Penilaian tersebut dilakukan oleh situs web pembanding harga asal Inggris, Money, berdasarkan jumlah galeri, museum, dan seni pahatan.

Baca juga:

 

Ada juga faktor-faktor lainnya yang diperhatikan, di antaranya street art dan universitas seni. 

Adapun pihak Money mengumpulkan artikel dan publikasi lainnya untuk membuat daftar 40 kota, lalu melakukan analisis setiap kota berdasarkan faktor-faktor tersebut. 

Venesia di Italia menjadi kota yang paling kaya akan seni dan budaya di dunia, serta mendapat posisi pertama. Hal tersebut dilihat dari jumlah gedung yang signifikan secara arsitektur, monumen, dan patung. Venesia juga merupakan rumah dari banyak artis Renaisans.

Miami menjadi kota yang cocok dikunjungi saat sedang masa lajang karena menyuguhkan pemandangan pantai yang digunakan untuk bersantai maupun berpesta.KOMPAS.com / NI PUTU DINANTY Miami menjadi kota yang cocok dikunjungi saat sedang masa lajang karena menyuguhkan pemandangan pantai yang digunakan untuk bersantai maupun berpesta.

Melansir Kompas.com, Senin (10/11/2021), Renaisans merupakan era kelahiran kembali ilmu pengetahuan, sastra, dan seni. Era ini dimulai di Italia sekitar tahun 1350. Sejumlah pemikir, penulis, seniman hebat dalam sejarah muncul dan berkembang selama era ini.

Kota yang ada di peringkat kedua adalah Miami di Amerika Serikat (AS). Kota ini memiliki lanskap seni yang trendi, beragam, dan kuat. 

Baca juga:

Selanjutnya, Florence di Italia menduduki posisi ketiga. Sebagai tempat kelahiran Renaisans, tentunya banyak hasil karya seniman pada periode tersebut yang bisa dijumpai di kota ini. Beberapa tempat yang wajib dikunjungi adalah Uffizi Gallery dan Palazzo Pitti.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com