Fukubukuro, Tas Belanja Keberuntungan di Jepang yang Ada Setiap Tahun Baru

Kompas.com - 04/01/2022, 19:06 WIB

KOMPAS.com - Warga Jepang memiliki beragam tradisi untuk menyambut tahun baru, mulai dari pergi ke kuil hingga menyaksikan matahari terbit.

Selain itu, ada tradisi lainnya yang masih diminati hingga kini, yaitu membeli fukubukuro atau tas belanja keberuntungan (lucky shopping bag). 

Melansir bbc.com, tas belanja tersebut mendapat julukan demikian lantaran orang-orang tidak akan tahu isinya jika belum membukanya. Rasa penasaran itulah yang bisa membuat orang-orang tertarik untuk membelinya. 

Adapun isinya tergantung toko yang menjual, umumnya makanan dan pakaian. Harga barang-barang yang ada di dalam fukubukuro bisa lebih mahal jika dibeli terpisah. 

Baca juga:

Fukubukuro dari KFC untuk tahun baru 2022, misalnya, berisi tote bag warna merah, kupon diskon, dan voucer untuk menu-menu tertentu yang berlaku hingga 31 Maret 2022.

Menurut soranews24.com, total harga voucer yang ditawarkan adalah 2.870 yen (sekitar Rp 355.283) atau lebih mahal jika dibandingkan dengan harga fukubukuro itu sendiri, yakni 2.500 yen (sekitar RP 309.480).

Ada pula fukubukuro Studio Ghibli seharga 4.000 yen atau kira-kira Rp 495.169.

Isinya adalah benda-benda yang sayang dilewatkan oleh penggemar film animasi Studio Ghibli, di antaranya tote bag karakter dari film My Neighbour Totoro dan termos portabel dengan gambar karakter film Kiki's Delivery Service, mengutip soranews24.com.

Orang-orang membeli fukubukuro atau tas belanja keberuntungan (lucky bags) di salah satu pusat perbelanjaan di Tokyo, Jepang, pada Sabtu (1/1/2022) di tengah pandemi Covid-19 varian Omicron. AFP/KAZUHIRO NOGI Orang-orang membeli fukubukuro atau tas belanja keberuntungan (lucky bags) di salah satu pusat perbelanjaan di Tokyo, Jepang, pada Sabtu (1/1/2022) di tengah pandemi Covid-19 varian Omicron.

Banyak versi yang tersebar tentang sejarah fukubukuro. Salah satu versi menyatakan bahwa sejumlah tas tersebut dijual seiring dengan munculnya pusat perbelanjaan di Jepang. 

Baca juga:

Pada masa pandemi Covid-19, tepatnya pada tahun 2020, penjualan fukubukuro yang biasanya dilakukan pada awal tahun baru terpaksa dimajukan untuk mengantisipasi kerumunan pembeli. 

Terdapat juga toko yang mengizinkan calon pembeli untuk melakukan pemesanan secara online terlebih dahulu, menurut dw.com. Tas-tas tersebut kemudian dikirimkan ke alamat masing-masing. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BBC,DW,
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.