Kompas.com - 05/01/2022, 23:07 WIB

KOMPAS.com - Periode libur akhir tahun 2021 dinilai dapat membangkitkan optimisme para pelaku pariwisata. 

Hal ini terlihat dari peningkatan volume penjualan tiket oleh travel agent Golden Rama Tours & Travel. 

Selama Desember 2021, travel agent tersebut mencatat peningkatan volume penjualan tiket secara keseluruhan sebesar 73 persen.

Adapun peningkatan tersebut jika dibandingkan dengan bulan Desember pada tahun 2020.

Tidak hanya itu, ritel penjualan tiket domestik selama periode Natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru) juga meningkat sebesar 144 persen. Sedangkan, peningkatan di bagian tiket internasional adalah 59 persen.

Selama periode Nataru, travel agent tersebut telah membawa wisatawan ke berbagai destinasi wisata internasional, di antaranya Amerika Serikat, Turki, Finlandia, Swiss, dan Spanyol. 

Baca juga:

Pada periode yang sama, trafik konsumen juga meningkat signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Terjadi kenaikan hingga 400 persen untuk sektor group tour di segmen ritel. 

Berdasarkan keterangan resmi yang Kompas.com terima, Rabu (5/1/2022), masyarakat Indonesia dinilai rindu berlibur ke luar negeri, terutama untuk merayakan momen Nataru.

Namun, mereka tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai aturan masing-masing negara.

"Kami terus berharap semangat dan optimisme seluruh masyarakat atau pelaku pariwisata dapat terus tumbuh bersama melewati situasi yang masih menantang, meski tahun telah berganti," kata Head of Marketing Communication Golden Rama Tours & Travel, Ricky Hilton, Rabu. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.