Kompas.com - 06/01/2022, 16:24 WIB

KOMPAS.com - Wisatawan yang ingin liburan di dalam negeri bisa mengunjungi berbagai desa wisata yang tersebar di beberapa provinsi di Indonesia.

Melansir Antara (6/1/2022), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno merekomendasikan beberapa desa wisata yang patut dikunjungi, berdasarkan pengalamannya mengunjungi desa-desa tersebut tahun lalu. 

"Saya sudah ke 70 desa wisata, saya lihat ini awalnya program, tapi setelah melakukannya, saya merasa ini perjalanan spiritual," kata Sandiaga, Selasa (4/1/2022).

Di bawah ini adalah daftar lima desa wisata yang menjadi rekomendasi untuk rencana liburan tahun 2022:

1. Desa Wisata Arborek

Suasana Desa Wisata Arborek, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Selasa (26/10/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Suasana Desa Wisata Arborek, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Selasa (26/10/2021).

Desa Wisata Arborek berlokasi di Raja Ampat, Papua Barat.

Kompas.com melaporkan, Senin (8/11/2021), desa ini cukup unik karena wisatawan dapat berkunjung ke dua spot untuk melihat ikan pari manta yang menjadi ikon desa. 

Jika ingin menyelam dan melihat pari manta, wisatawan akan ditemani pemandu lokal yang sudah resmi dan terlatih.

Saat mengunjungi desa wisata ini, pengunjung bisa melakukan beragam aktivitas. Di antaranya snorkeling, menginap di homestay apung, melihat matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset), menyicipi kuliner lokal, dan belanja produk anyaman.

Baca juga: Arborek, Desa Wisata di Raja Ampat yang Punya Ikon Tersendiri

2. Desa Wisata Pujon Kidul

Desa Pujon Kidul jadi desa wisata dengan konsep sustainable tourism. Dok. Shutterstock/ Muhammad Solikin Desa Pujon Kidul jadi desa wisata dengan konsep sustainable tourism.

Desa wisata di Kabupaten Malang, Jawa Timur, ini menawarkan berbagai daya tarik untuk wisatawan.

Kamu bisa menunggu matahari terbit di Bukit Nirwana, bermain gamelan dan belajar tari tradisional di Kampung Budaya, atau ke pergi ke The Roudh 78 untuk bermain paintball dan mencoba motor trail.

Selain itu, ada juga tempat nongkrong yang menawarkan pemandangan alam yaitu Cafe Sawah, melansir Kompas.com, Jumat (10/12/2021). Pengunjung bisa menikmati hidangan di saung tengah sawah.

Selain kulineran, wisatawan yang datang juga bisa memerah susu sapi, berenang di kolam anak-anak, selfie, memetik buah, dan membeli panen hasil pertanian.

Baca juga: 7 Desa Wisata Mandiri Inspiratif Versi ADWI 2021, Ada Penglipuran Bali

Halaman:
Sumber Antara


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.