Kompas.com - 06/01/2022, 19:07 WIB

KOMPAS.com - Kekayaan wisata dan ekonomi kreatif di Sumatera Utara memang sangat besar. Selain Danau Toba, ada juga deretan wisata lainnya.

Beberapa tempat wisata menarik di Sumatera Utara, antara lain adalah Bukit Lawang dan Tangkahan.

Bukit Lawang merupakan daerah konservasi hewan endemik orangutan yang termasuk ke dalam area Taman Nasional Gunung Leuser.

Baca juga: Pamah View di Sumatera Utara Tawarkan Sensasi Menginap di Kontainer

Wisatawan dapat melihat habitat orangutan yang hidup di alam liar. Selain itu, wisatawan juga bisa melakukan trekking, memancing, hingga berkemah pinggir hutan Taman Nasional Gunung Leuser.

Hampir sama, Tangkahan juga sudah memiliki keunikan tersendiri karena ada gajah Sumatera yang berlalu lalang.

Atraksi seperti itu ternyata diminati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara yang ingin mencari pengalaman wisata berbeda.

Optimalkan sektor parekraf di Sumatera Utara

Berkaitan dengan pengembangan dua tempat wisata tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ingin agar sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di Sumatera Utara bisa digarap dengan optimal.

“Untuk Bukit Lawang dan Tangkahan akan kita bantu promosinya,” ujar Sandiaga.

Pernyataan itu ia sampaikan dalam pertemuan dengan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah di Gedung Sapta Pesona, Rabu (5/1/2021), mengutip rilis Kemenparekraf.

Tempat wisata Bukit Lawang di Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatera Utara.dok. Instagram @visitbukitlawang Tempat wisata Bukit Lawang di Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatera Utara.

Keduanya membahas berbagai potensi untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Sumatera Utara. Hal ini bertujuan untuk membangkitkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat meningkat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.