Kompas.com - 07/01/2022, 16:04 WIB
Ilustrasi red wine Ilustrasi red wine

KOMPAS.com - Mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya, boleh tidak membawa makanan dan minuman tertentu ke dalam pesawat?

Dikhawatirkan sudah capek berkemas, ternyata tas yang berisi makanan itu tidak lolos pemeriksaan.

Ternyata, jawabannya adalah boleh. Meski begitu, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang tidak diizinkan masuk ke dalam pesawat demi keamanan, khususnya yang berbentuk cairan.

Baca juga:

Melansir CN Traveler, ada sebuah aturan yang menyebut perihal jumlah maksimal cairan yang diperbolehkan oleh maskapai penerbangan hanyalah 3,4 ons, atau setara 96,39 gram, atau 100 ml.

Apa pun benda yang dimaksud sebagai cairan ialah benda yang bisa ditumpahkan, disemprotkan, dan dituangkan. Inilah 5 jenis makanan yang sebaiknya tidak kamu bawa ke dalam pesawat:

1. Minuman beralkohol

Alkohol sebenarnya masih diperbolehkan untuk dibawa masuk, asal kadar dan ukurannya tidak melebihi ketentuan penerbangan.

ilustrasi champagne glass atau gelas sampanye. SHUTTERSTOCK/IVASHstudio ilustrasi champagne glass atau gelas sampanye.

Dalam alkohol ada sebuah satuan yang digunakan untuk mengukur banyaknya etanol, yaitu proof.

Alkohol 140 proof atau dengan kadar 70 persen tidak diizinkan masuk bagasi. Namun, apabila kadar alkohol-nya kurang dari 70 persen, kamu bisa membawa maksimal sebanyak 5 liter dalam tas bagasimu.

2. Selai kacang dan selai coklat

Aturan juga berlaku untuk benda yang memiliki wujud krim atau gel, seperti selai kacang, selai coklat, saus, dan krim keju.

Kacang dan selai kacang adalah pilihan makanan penambah berat badan yang sempurna. Porsi segenggam kacang almond mentah mengandung sekitar 170 kalori, 6 gram protein, 4 gram serat,dan 15 gram lemak sehat.FREEPIK/JCOMP Kacang dan selai kacang adalah pilihan makanan penambah berat badan yang sempurna. Porsi segenggam kacang almond mentah mengandung sekitar 170 kalori, 6 gram protein, 4 gram serat,dan 15 gram lemak sehat.

Makanan-makanan ini boleh kamu bawa ke pesawat atau dimasukkan ke dalam bagasi, asalkan jumlahnya kurang dari 96,39 gram, atau 100 ml.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.