Kompas.com - 08/01/2022, 16:09 WIB
Festival Pesona Bau Nyale 2020 diselenggarakan di Pantai Tanjung Aan Pengembur, Sengkol,  Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada 9-15 Februari 2020. Dok. Kementerian PariwisataFestival Pesona Bau Nyale 2020 diselenggarakan di Pantai Tanjung Aan Pengembur, Sengkol, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada 9-15 Februari 2020.

KOMPAS.com - Puncak tradisi Bau Nyale di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), akan digelar pada 20 - 21 Februari 2022.

Hal tersebut mengacu pada hasil sangkep warige atau musyawarah para tokoh budaya di Kabupaten Lombok Tengah, NTB. 

Sebagai informasi, melansir Kompas.com, Senin (29/2/2016), tradisi Bau Nyale erat kaitannya dengan legenda Putri Mandalika, seorang putri raja yang dikisahkan memiliki tingkah laku yang baik. 

Baca juga:

Masyarakat suku Sasak di Lombok meyakini bahwa cacing laut yang muncul setiap tradisi Bau Nyale merupakan jelmaan dari Putri Mandalika.

Sehingga, saat tradisi tersebut tiba, masyarakat akan datang ke pantai untuk menangkap cacing laut yang berwarna hijau, cokelat, dan merah. Cacing yang berhasil ditangkap diyakini sebagai berkah dan kemudian akan dikonsumsi.

Inilah nyale, cacing laut, yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika. Mandalika adalah seorang putri cantik yang menceburkan dirinya ke laut lepas, karena tak menginginkan pertempuran antar pangeran yang memperebutkan dirinya.KOMPAS.com/Fitri Inilah nyale, cacing laut, yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika. Mandalika adalah seorang putri cantik yang menceburkan dirinya ke laut lepas, karena tak menginginkan pertempuran antar pangeran yang memperebutkan dirinya.

"Ini sesuai hasil sangkep warige yang telah digelar bersama parah tokoh budayawan," kata Wakil Bupati Lombok Tengah, HM Nursiah, Sabtu (8/1/2022), mengutip Antara.

Ia menamabahkan bahwa perayaan Bau Nyale masih dalam masa pandemi Covid-19, sehingga pelaksanaannya akan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Baca juga:

Tokoh budaya yang hadir saat sangkep warige, Yakum, mengatakan bahwa cacing laut akan mulai dicari pada Minggu, 20 Februari 2021. 

"Dan tumpahnya pada hari Senin tanggal 21 Februari 2022," ujarnya.

Biasanya tradisi Bau Nyale dilaksanakan pada bulan Februari dan Maret di Pantai Seger. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.