Kompas.com - 10/01/2022, 06:03 WIB

KOMPAS.com - Viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan bagian dinding batu runtuh menimpa kapal berisi wisatawan. Diketahui, kejadian itu terjadi di Danau Furnas, Brasil.

Melansir Al Jazeera, video amatir yang viral Sabtu (08/01/2022) itu juga memperlihatkan detik-detik terjatuhnya bagian dinding batu tersebut dan membuat para turis berteriak.

Sesaat kemudian, kejadian itu menimbulkan gelombang besar ke sekelilingnya, yang juga terekam dalam sebuah video.

Berdasarkan keterangan resmi terbaru yang disampaikan juru bicara petugas pemadam kebakaran negara bagian Minas Gerais, Pedro Aihara, tujuh orang tewas akibat insiden tersebut, tiga orang hilang, dan 32 lainnya terluka, termasuk sembilan orang yang harus dirawat di rumah sakit.

"Tujuh orang meninggal dunia dan tiga orang hilang," katanya dalam keterangan resmi, seperti dikutip Kompas.com dari Al Jazeera, Minggu (09/01/2022).

Baca juga: Parade Jalanan di Rio de Janeiro Brasil Batal Lagi, Kali Ini karena Omicron

Tim penyelamat termasuk termasuk regu selam dan anggota Angkatan Laut Brasil, yang semuanya bergegas menuju ke danau di tenggara Brasil itu.

Orang-orang yang terluka diketahui mengalami patah tulang dan satu orang dalam kondisi serius drngan luka di kepala dan wajah.

Para pejabat terkait memperkirakan, permukaan batu yang lepas bisa jadi diakibatkan hujan lebat yang baru-baru ini terjadi dan menyebabkan banjir di negara bagian itu, membuat hampir 17.000 orang keluar dari rumah mereka.

Danau Furnas dibuat pada 1958 dan awalnya diperuntukkan instalasi pembangkit listrik tenaga air.

Ini adalah objek wisata populer di sana, dengan jarak sekitar 420 kilometer di utara Sao Paulo, Brasil.

Melansir DW, para wisatawan datang ke kawasan ini untuk melihat dinding batu, gua, dan air terjun yang mengelilingi perairan danau.

Baca juga: Brasil Bangun Patung Yesus, Lebih Tinggi dari Rio de Janeiro

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber DW,Al Jazeera


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.