Kompas.com - 11/01/2022, 09:09 WIB
Monumen Tempat Lahir Jenderal Sudirman di Purbalingga, Jawa Tengah. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAMonumen Tempat Lahir Jenderal Sudirman di Purbalingga, Jawa Tengah.

KOMPAS.com – Jika sedang berada di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah dan sekitarnya, sempatkan mampir ke Monumen Jenderal Sudirman.

Berbeda dengan monumen lain yang dulunya merupakan tempat singgah atau berjuang, monumen di Purbalingga ini merupakan tempat kelahiran Jenderal Sudirman.

Di sana, pengunjung dapat menjumpai rumah masa kecil Jenderal Sudirman yang masih dipertahankan bentuknya.

Baca juga: Harga Tiket dan Jam Buka Monumen Tempat Lahir Jenderal Sudirman di Purbalingga

Ada pula berbagai perabotan di dalam rumah, seperti meja, kursi, dan ayunan bayi yang sudah merupakan replika.

Pengunjung pun bisa belajar seputar perjalanan hidup Jenderal Sudirman. Terdapat diorama yang lengkap dengan penjelasan seputar sejarah Jenderal Sudirman.

Rute menuju Monumen Tempat Lahir Jenderal Sudirman

Monumen Tempat Lahir Jenderal Sudirman tepatnta berada di Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Dari Alun-alun Purbalingga, jarak tempuhnya adalah kurang-lebih 23,5 kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Memulai perjalanan dari Alun-alun Purbalingga, pertama kamu harus berkendara ke arah timur di jalan utama sejauh 1,3 km sampai pertigaan Bunderan Bancar.

Belok kiri di bundaran itu melalui Jalan Kalikajar. Selanjutnya, ikuti jalan utama sejauh sekitar 17,5 km atau kurang-lebih setengah jam berkendara.

Baca juga: Tempat Kelahiran Jenderal Sudirman, Ternyata Ada di Purbalingga

Nantinya sebelum Pasar Pahing Bedagas, terdapat perempatan. Belok kiri di perempatan melalui Jalan Raya Bantarbarang yang menurun.

Setelah itu, tinggal ikuti jalan utama menuju Desa Bantarbarang. Nantinya, Monumen Tempat Lahir Jenderal Sudirman berada dekat Kantor Kecamatan Rembang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.