Kompas.com - 11/01/2022, 14:45 WIB
Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur DOK. Shutterstock/Mumemories Shutterstock/MumemoriesKawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur DOK. Shutterstock/Mumemories

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menargetkan angka belanja wisatawan mencapai Rp 1 triliun selama tahun 2022.

Menurutnya, target tersebut bisa dicapai dengan mengupayakan wisatawan yang berlibur ke Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menambah lama tinggalnya atau length of stay. 

Demi mencapai target tersebut, para pelaku wisata Banyuwangi diminta mengupayakan lama tinggal selama setidaknya tiga hari dua malam.

Adapun tahun lalu, Banyuwangi menerima 2 juta wisatawan dengan length of stay rata-rata dua hari semalam dan total belanja Rp 2,3 milyar.

"Sebelumnya dua hari di Banyuwangi, ke depannya harus tiga hari dua malam, minimal, agar tercapai Rp 1 triliun untuk belanja wisata kita ," kata Ipuk di Pendopo Banyuwangi, Senin (10/1/2022).

Baca juga:

Dia mengatakan akses ke berbagai lokasi di Banyuwangi juga akan diperbaiki dengan sepuluh ribu proyek padat karya selama setahun.

Demikian juga dukungan terhadap UMKM, usaha kuliner, dan oleh-oleh yang akan terus dilakukan agar produknya banyak dibeli oleh para wisatawan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi, M Yanuar Bramuda mengatakan, selain menambah lama tinggal, pihaknya juga berupaya meningkatkan jumlah wisatawan yang datang.

Target jumlah pengunjung tahun lalu adalah satu juta orang. Angka itu telah terlampaui dengan realisasi 2 juta orang wisatawan hingga akhir tahun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.