Kompas.com - 12/01/2022, 21:08 WIB
Ilustrasi Thailand - Karon Temple di Phuket. SHUTTERSTOCK / S-FIlustrasi Thailand - Karon Temple di Phuket.

KOMPAS.com - Pemerintah Thailand akan mengenakan biaya 300 baht atau sekitar Rp 129.053 untuk wisatawan asing yang berkunjung ke negara tersebut mulai April 2022.

Biaya tersebut digunakan untuk mengembangkan obyek wisata dan untuk asuransi kecelakaan atau kematian para wisatawan asing. 

Melansir Bangkok PostRabu (12/1/2022), pembayaran asuransi maksimum adalah 1 juta baht (sekitar Rp 430 juta) untuk kasus kematian dan 500.000 baht (sekitar Rp 215 juta) untuk biaya pengobatan.

Biaya 300 baht akan dimasukkan dalam biaya pesawat. Namun, pemerintah Thailand masih mendiskusikan apakah biaya tersebut juga akan diterapkan untuk wisatawan yang mengunjungi Thailand lewat jalur darat.

Baca juga:

Kebijakan biaya ini merupakan bagian dari rencana promosi Kementerian Pariwisata dan Olahraga Thailand pada tahun 2022 bertajuk Amazing Thailand New Chapter

Juru bicara Pemerintah Thailand, Thanakorn Boonkongwanchana, mengatakan bahwa rencana tersebut juga termasuk promosi "jalur-jalur putih" (white routes) untuk wisatawan. 

Promosi tersebut sejalan dengan upaya pemerintah untuk mewujudkan pariwisata yang lebih berkelanjutan dan aman.

Ilustrasi Thailand - Pemandangan Pantai Laem Sing di Phuket, Thailand.SHUTTERSTOCK / By VODIN VASILII Ilustrasi Thailand - Pemandangan Pantai Laem Sing di Phuket, Thailand.

Tahun ini, Kementerian Pariwisata dan Olahraga Thailand menargetkan pendapatan dari sektor pariwisata sebesar 1,3 - 1,8 triliun baht (sekitar Rp 559 - 774 triliun) dari 5 - 15 juta wisatawan asing. 

Sebelumnya Kompas.com melaporkan, Selasa (11/1/2022), tiga destinasi untuk program sandbox selain Phuket di Thailand telah dibuka. Destinasi tersebut adalah Krabi, Phang-Nga, dan Surat Thani (hanya Ko Samui, Ko Pha-ngan, dan Ko Tao).

Baca juga:

Adapun program sandbox memungkinkan wisatawan asing untuk menunjungi Thailand dengan sejumlah ketentuan. 

Sementara itu, pendaftaran baru untuk skema bebas karantina Thailand atau Test & Go untuk wisatawan asing masih ditangguhkan.

Wisatawan asing yang ingin ke Thailand dianjurkan untuk ikut program sandbox atau Alternative Quarantine System (Sistem Karantina Alternatif). 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.