Kompas.com - 13/01/2022, 07:31 WIB
Ilustrasi Perancis - Pemandangan Sungai Loire di Perancis (Photo by Bruno Abatti on Unsplash). Photo by Bruno Abatti on UnsplashIlustrasi Perancis - Pemandangan Sungai Loire di Perancis (Photo by Bruno Abatti on Unsplash).

KOMPAS.com - Sejumlah negara kini mulai mewajibkan vaksin booster (suntikan dosis ketiga) Covid-19 bagi wisatawan asing yang hendak memasuki negara tersebut.

Langkah ini diambil sebagai respon terhadap kemunculan varian baru Covid-19 Omicron yang menyebar di berbagai belahan dunia.

Baca juga:

Melansir TravelPulse, Selasa (11/1/2022), berikut ini daftar negara yang mewajibkan warga negaranya dan wisatawan asing yang ingin masuk ke negara tersebut untuk mendapatkan suntikan booster:

1. Uni Emirat Arab

Kementerian Luar Negeri UEA mengumumkan bahwa mulai 10 Januari 2022, seluruh warga negaranya harus melakukan vaksinasi booster jika hendak bepergian ke luar negeri.

Adapun syarat booster tersebut sejalan dengan visi negara untuk pulih dari pandemi Covid-19.

Warga negara UEA tidak akan diizinkan meninggalkan negara ini tanpa bukti status vaksinasi yang baru.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Ikonik di Dubai, Ada Bingkai Foto Raksasa

2. Hawaii

Ilustrasi Hawaii - Tempat wisata bernama Haiku Stairs di Pulau O'ahu, Hawaii, Amerika Serikat.SHUTTERSTOCK / By Ingus Kruklitis Ilustrasi Hawaii - Tempat wisata bernama Haiku Stairs di Pulau O'ahu, Hawaii, Amerika Serikat.

Di Hawaii, wisatawan asing akan diminta untuk menunjukkan bukti vaksin booster Covid-19, atau hasil tes Covid-19 negatif untuk makan di luar, mengunjungi bar, hingga berolahraga di pusat kebugaran.

Baca juga: Jangan Nekat Ambil Batu Vulkanik Hawaii, Bisa Kena Kutuk Dewi Pele

3. Perancis

Ilustrasi Perancis - Menara Eiffel di Paris, Perancis (Photo by Anthony DELANOIX on Unsplash).Photo by Anthony DELANOIX on Unsplash Ilustrasi Perancis - Menara Eiffel di Paris, Perancis (Photo by Anthony DELANOIX on Unsplash).

Mulai 15 Januari 2022 mendatang, seluruh wisatawan asing yang memasuki Perancis harus menunjukkan bukti telah disuntik vaksin booster Covid-19 untuk mendapatkan French Health Pass.

French Health Pass adalah sertifikat yang mengizinkan wisatawan memasuki museum, bar, dan tempat umum lainnya di Perancis.

Baca juga: 7 Lokasi Syuting Emily In Paris di Perancis, Bisa Jadi Tempat Liburan

4. Belanda

Ilustrasi Belanda - Pemandangan di Amsterdam, Belanda.Photo by Tim Trad on Unsplash Ilustrasi Belanda - Pemandangan di Amsterdam, Belanda.

Sesuai ketentuan dalam Visa Schengen, mulai Februari 2022, Pemerintah Belanda mewajibkan wisatawan asing menunjukkan bukti telah menerima booster Covid-19.

Baca juga: Sejarah Lomba Panjat Pinang, Dipelopori Penjajah Belanda?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.