Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Keindahan Maluku Utara, Provinsi dengan Penduduk Paling Bahagia

Kompas.com - 13/01/2022, 21:06 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

Sumber Britannica

KOMPAS.com - Maluku Utara telah ditetapkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai provinsi dengan penduduk paling bahagia di Indonesia pada 2021.

Ada beragam keindahan yang bisa ditemukan di provinsi dengan kekayaan alam melimpah ini.

Seperti dilaporkan Kompas.com, Selasa (1/11/20221), BPS mengukur tingkat kebahagiaan berdasarkan 19 indikator yang mencakup tiga dimensi kehidupan.

Adapun dimensi yang dimaksud adalah dimensi kepuasan hidup (life satisfaction), dimensi perasaan (affect), dan dimensi makna hidup (eudaimonia).

Survei ini dilakukan serentak di semua kabupaten atau kota di 34 provinsi Indonesia, mulai 1 Juli 2021 sampai 27 Agustus 2021. Survei ini juga ada dalam buku BPS bertajuk Indeks Kebahagiaan 2021.

Baca juga: 7 Fakta Maluku Utara, Provinsi Paling Bahagia di Indonesia yang Jarang Diketahui

Dari indeks tersebut, Maluku Utara memiliki skor 76,34 dan lebih tinggi dari seluruh provinsi di Indonesia.

Maluku Utara tergolong sebagai provinsi kepulauan. Britannica menyebut ada pulau-pulau kecil dan besar berjumlah sekitar 400 pulau dengan potensi wisata bahari.

Daerah penghasil rempah-rempah ini juga memiliki deretan daya tarik yang menambah lengkap sumber kebahagiaan penduduk.

Keindahan Provinsi Maluku Utara

Berikut beberapa keindahan Maluku Utara yang Kompas.com rangkum dari berbagai sumber.

Tempat aneka ragam hewan khas 

Burung Kasturi asal Ternate, Maluku Utara yang hendak dijual ke pasar gelap digagalkan oleh petugas gabungan Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Polda Sumatera Selatan. Burung tersebut itu akan dilepaskan kembali wilayah Timur Indonesia melalui Kargo Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Selasa (5/10/2021).KOMPAS.com / AJI YK PUTRA Burung Kasturi asal Ternate, Maluku Utara yang hendak dijual ke pasar gelap digagalkan oleh petugas gabungan Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Polda Sumatera Selatan. Burung tersebut itu akan dilepaskan kembali wilayah Timur Indonesia melalui Kargo Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Selasa (5/10/2021).

Fauna Maluku Utara merupakan perpaduan spesies Asia dan Australia. Sehingga, terdapat aneka burung endemik yang daerah persebarannya terbatas di wilayah tersebut.

Salah satu burung endemik yang paling terkenal adalah kakaktua putih. Ada juga burung khas, di antaranya merpati, burung beo, burung kukuk, burung sandpiper, dan dara laut.

Baca juga: Mengenal Soasio dan Tongowai, Situs Bersejarah di Bawah Laut Tidore

Provinsi yang dikenal sebagai surga burung endemik ini memiliki sejumlah tempat yang bisa dikunjungi jika ingin melakukan pengamatan. Salah satunya yaitu di Taman Nasional Aketajawe Lolobata.

Mamalia seperti kelelawar, musang, rusa, babi rusa (sejenis babi liar), dan berbagai jenis tikus juga banyak ditemukan di alam.

Halaman:
Sumber Britannica
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com