Kompas.com - 14/01/2022, 19:36 WIB
Dancing Shadow, hasil kolaborasi Arifa Safura bersama DJ Rencong yang ada di pameran Present Continuous/Sekarang Seterusnya di Museum MACAN. Dok. Museum MACANDancing Shadow, hasil kolaborasi Arifa Safura bersama DJ Rencong yang ada di pameran Present Continuous/Sekarang Seterusnya di Museum MACAN.

KOMPAS.com - Mulai besok, 15 Januari hingga 15 Mei 2022 mendatang,  Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara atau Museum MACAN menggelar pameran seni kontemporer modern bertajuk "Present Continuous/Sekarang Seterusnya".

Terbaru, museum yang berlokasi di AKR Tower, Jalan Perjuangan No. 5, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini berkolaborasi dengan empat perupa dan dua kolektif perupa pilihan.

Pada pameran seni tersebut, pengunjung dapat menyaksikan karya Arifa Safura dan DJ Rencong (Banda Aceh), Mira Rizki (Bandung), Kolektif Udeido (Jayapura), Muhlis Lugis (Makassar), dan Unit Pelaksana Terrakota Daerah (Majalengka).

Nah, berikut tips berkunjung ke Museum MACAN yang perlu kamu ketahui:

  • Menikmati perpaduan seni visual dan audio

Kolektif Udeido, Papua, Transformasi Koreridokumentasi Museum MACAN Kolektif Udeido, Papua, Transformasi Koreri

Asri Winata, selaku Asisten Kurator Museum MACAN menyampaikan bahwa pameran ini ditujukan untuk semua kalangan, sehingga tidak terbatas pada mereka yang mengerti seni saja.

Pengunjung bisa menikmati perpaduan seni visual dan audio.

"Pertama, cukup nikmati saja karya-karyanya, karena di sini kita tidak hanya menyajikan pameran secara visual, namun ada juga pendengaran dari beberapa karya yang dilengkapi audio," terang Asri saat Preview Media di Museum MACAN, Rabu (12/01/2022).

Baca juga: Museum MACAN Gelar Present Continuous, Pamerkan Hasil Eksplorasi Seniman Indonesia

  • Mengeksplorasi karya seni

Pengunjung bisa mendapatkan sensasi menarik saat mengunjungi pameran ini jika mengeksplorasi lebih dalam setiap sudut pameran. Misalnya, pada instalasi Hawu, yang ternyata bisa dimasuki.

"Kalau tidak dieksplorasi, mungkin pengunjung tidak tahu kalau bagian ini (Hawu) bisa dimasuki. Intinya eksplorasi saja setiap karya yang dilihat di sini," jelas Astri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.