Kompas.com - 15/01/2022, 15:03 WIB
Jonathan, kura-kura tertua di dunia berusia 190 tahun. Dok. Guiness World RecordJonathan, kura-kura tertua di dunia berusia 190 tahun.

KOMPAS.com - Pada ulang tahunnya yang ke-190 tahun ini, Jonathan si hewan darat tertua kembali meraih gelar terbarunya dari Guinness World Records sebagai kura-kura tertua yang pernah ada di dunia.

Gelar tersebut diraih Jonathan atas kategori chelonian tertua, mencakup kura-kura, penyu, dan terrapin.

Pemegang rekor sebelumnya adalah seekor kura-kura radiata bernama Tu'i Malila yang mati pada 1965 saat berusia 188 tahun.

Baca juga: Gereja Sion, Gereja Tertua di Jakarta yang Usianya Lebih dari Tiga Abad

Jonathan diyakini telah lahir sejak tahun 1832 silam, sehingga membuatnya berusia 190 tahun pada tahun 2022.

Dilansir dari laman Guiness World Record, (14/1/2022), ia diperkirakan tiba di St Helena pada tahun 1882 saat usianya menginjak 50 tahun lalu tumbuh besar di sana hingga saat ini.

Meskipun Jonathan telah buta dan kehilangan indra penciumannya, dia masih makan dengan lahap bila disuapi.

"Bagian kedokteran hewan masih memberinya makan dengan tangan seminggu sekali untuk meningkatkan kalori, vitamin, mineral, dan elemen pelacaknya karena dia buta dan tidak memiliki indra penciuman," kata Joe Hollins, dokter hewan Jonathan, Jumat (14/1/2022).

Adapun makanan favoritnya ialah kubis, mentimun, wortel, apel, dan jenis buah-buahan musiman.

Dengan pendengaran yang masih sangat baik, Jonathan bahkan tetap bermain di sekitar lahan ditemani tiga ekor kura-kura raksasa, yaitu David, Emma, dan Fred.

Baca juga: Mentawai, Salah Satu Suku Tertua di Dunia

Saat dunia di sekitarnya berevolusi dan maju, Jonathan masih tetap sama. Sampai hari ini, minat utamanya adalah tidur, makan, dan kawin.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.