Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/01/2022, 17:47 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meninjau pembangunan area concourse (area terbuka) di Zona 2 Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (14/1/2022).

Pembangunan concourse merupakan bagian dari penataan kawasan Borobudur sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Area ini dilaporkan hampir selesai, dengan persentase 97 persen.

Baca juga: Wisata ke Candi Borobudur dan Prambanan, Ini Batas Area Wisatanya

"Concourse kita lihat ini sudah 97 persen tinggal dikit dirapikan. Tapi pada intinya kami berpendapat bahwa progres yang sudah dicapai Borobudur sudah sangat signifikan dan ini perlu kita beri apresiasi," jelas Sandiaga, mengutip siaran pers dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Jumat (14/1/2022).

Selain itu, juga dilakukan penataan gerbang masuk kawasan Candi Borobudur seperti pada Gerbang Palbapang dan Gerbang Kembang Limus.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada Jumat (14/1/2022).Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada Jumat (14/1/2022).

Ia menjelaskan, pembangunan Gerbang Palbapang sudah selesai 100 persen, tinggal kesiapan dari pemerintah daerah untuk menyiapkan pengoperasian serta pemeliharaannya.

Rencana pembangunan gerbang ini telah dimulai sejak Februari 2020 lalu.

 

Melansir Kompas.com pada Rabu (5/2/2020), pembangunan gerbang dilakukan di empat titik akses menuju Borobudur, yakni dari arah Semarang di Pertigaan Blondo (Kecamatan Mungkid), dari arah Yoyakarta di Palbapang (Kecamatan Mungkid), di Desa Kembanglimus (Kecamatan Borobudur), dan dari arah Kulon Progo di Klangon.

Baca juga: Borobudur Trail of Civilization, Perjalanan Wisata Tematik di Candi Borobudur

Terkait penataan kawasan Borobudur, Menparekraf Sandiaga menyampaikan apresiasinya.

Dengan dilakukannya penataan, lanjutnya, maka akan memberikan kenyamanan bagi wisatawan untuk berkunjung.

"Saya pastikan bahwa pembangunan ini tidak menyalahi guidance, tidak menyalahi kaidah dan ini kita lakukan sepenuhnya dengan konsultasi terhadap pihak-pihak yang berkompeten jadi dapat kita pastikan bahwa pembangunan ini semua dalam lingkup koridor yang sudah ditetapkan melalui pelestarian Borobudur," ujarnya. 

Baca juga: 5 Hotel di Sekitar Candi Borobudur dengan Suasana Alam yang Asri

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com