Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Jadi Tuan Rumah ATF 2023, Lokasinya di Yogyakarta

Kompas.com - 17/01/2022, 15:35 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia akan menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum 2023. Lokasi penyelenggaraan puncak ATF 2023 sudah diputuskan akan dilaksanakan di Yogyakarta.

Adapun ATF 2022 digelar pada 16-22 Januari 2022 di Sihanoukville, Kamboja.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, pada kesempatan ini Indonesia akan menerima tongkat estafet keketuaan ATF untuk setahun ke depan.

"Rencananya kami akan menyiapkan beberapa kegiatan berkaitan dengan keketuaan kita di ATF yang akan dipuncaki pada Januari 2023.

"Tempatnya sudah dipilih di Yogyakarta," ucap Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (17/01/2022).

Baca juga: Apa Pentingnya ASEAN Tourism Forum bagi Pariwisata Indonesia?

Yogyakarta dipilih karena dianggap memiliki kapasitas dan fasilitas lengkap untuk menjadi tuan rumah perhelatan perdagangan pariwisata terbesar se-Asia Tenggara itu.

Pemerintah juga akan mengoptimalkan momen tersebut sebagai bagian dari pengembangan Borobudur, salah satu destinasi super prioritas (DSP) yang telah diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Adapun destinasi lainnya yang juga merupakan DSP adalah Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang. Pemerintah terus melakukan pengembangan dan mendorong promosi untuk lima destinasi tersebut.

Ilustrasi Borobudur.DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Ilustrasi Borobudur.

Adapun beberapa target pasar wisatawan mancanegara yang dianggap potensial sebagai pengunjung Borobudur antara lain Thailand, Laos, dan Kamboja, di mana banyak Umat Buddha di tiga negara tersebut.

Meskipun, pemerintah juga melihat potensi negara lain sebagai target utama pasar.

"Saya baru saja berkunjung (ke Borobudur), saya melihat bagaimana Borobudur bisa menjadi destinasi yang bukan hanya populer, tapi memberikan makna," tuturnya.

Sebagai bagian dari persiapan ATF 2023, Sandiaga menyebut Yogyakarta International Airport (YIA) bisa segera dioperasikan dan Borobudur dapat terjubung dengan Tol Transjawa yang baru, serta jaringan kereta api untuk pilihan akses para delegasi.

"Mudah-mudahan keketuaan Indonesia di ATF semakin menyiapkan kebangkitan ekonomi dan peluang-peluang ekonomi ini akan diikuti terbukanya lapangan pekerjaan yang sudah sangat dibutuhkan di sektor pariwisata," ucap Sandiaga.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com