Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/01/2022, 19:07 WIB

KOMPAS.com – Masyarakat Perancis dan turis yang berkunjung ke negara itu kini wajib sudah mendapat vaksin booster agar bisa mendapat health pass atau semacam kartu vaksin.

Kebijakan ini berlaku mulai Sabtu (15/1/2021). Sebelumnya, health pass bisa didapatkan mereka yang sudah divaksinasi lengkap (dua dosis) atau mereka yang pulih dari Covid-19.

Sama seperti aplikasi PeduliLindungi di Indonesia, health pass bisa ditampilkan di layar smartphone maupun dicetak di kertas ini wajib ditunjukkan kepada petugas saat seseorang hendak masuk banyak tempat di Perancis.

Baca juga: 7 Lokasi Syuting Emily In Paris di Perancis, Bisa Jadi Tempat Liburan

Namun setelah 15 Januari 2021, kartu vaksin tidak berlaku lagi bagi orang-orang berusia di atas 18 tahun yang baru menerima dua dosis vaksin dan penyuntikan sudah lebih dari tujuh bulan.

Mereka harus mendapatkan vaksin booster untuk bisa kembali mendapatkan kartu vaksinnya.

Adapun bagi remaja usia 12 sampai 17 tahun, kartu vaksin mereka tetap berlaku, meski tidak mendapat vaksin booster.

Juga berlaku bagi turis asing di Perancis

Kebijakan ini ternyata tidak hanya berlaku bagi warga negara Perancis saja. Turis asing yang berkunjung ke saja juga dikenai aturan sama.

Ilustrasi Perancis - Pemandangan Arc de Triomphe di Paris dari sudut pandang burung (Photo by Rodrigo Kugnharski on Unsplash).Photo by Rodrigo Kugnharski on Unsplash Ilustrasi Perancis - Pemandangan Arc de Triomphe di Paris dari sudut pandang burung (Photo by Rodrigo Kugnharski on Unsplash).

“Kedaluwarsa sertifikat vaksin berlaku bagi semua orang berusia 18 tahun ke atas, terlepas dari kebangsaan dan tempat vaksinasi, jika ingin pergi ke tempat-tempat yang patuh pada aturan Kesehatan di Perancis,” kata juru biacara Kementerian Kesehatan Perancis, dilansir dari Lonely Planet, Kamis (13/1/2021).

Baca juga: Mont Saint Michel di Perancis yang Jadi Inspirasi Kastel Film Tangled

Turis asing memang tidak memerluka booster vaksin untuk bisa berkunjung ke negara Perancis.

Akan tetapi, mereka tetap membutuhkan kartu vaksin (yang perlu booster vaksin) saat hendak berkunjung ke banyak tempat di negara tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+