Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2022, 10:32 WIB
Markus Yuwono,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berupaya mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun 2022 dari retribusi wisata.

Tahun ini kesepakatan antara DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) dan Pemkab (Pemerintah Kabupaten) terkait target PAD adalah mencapai Rp 27 miliar.

"Taget PAD tahun ini Rp 27 miliar, kami berusaha mencapai hal itu," kata Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Muhammad Arif Aldian, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (18/1/2022).

Ia mengakui bahwa diperlukan usaha lebih untuk mencapai target yang meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun 2021, yang hanya Rp 12 miliar.

Salah satunya terus menggencarkan promosi tempat wisata yang ada di Kabupaten Gunungkidul agar semakin dikenal masyarakat luas.

"Semua juga tergantung dengan situasi pandemi saat ini, karena akan berpengaruh terhadap pendapatan yang masuk. Tapi, kami berharap semua normal sehingga pencapaian target bisa lebih optimal," kata Arif.

Baca juga:

Selama dua minggu terakhir tingkat kunjungan wisatawan cukup bagus, meski diakuinya untuk angka dirinya tidak membawa datanya.

"Tren kunjungan wisatawan dua minggu terakhir cukup bagus, memang minggu kedua bulan Januari tidak sebanyak pas minggu pertama, karena anak sekolah sudah masuk dan itu mempengaruhi jumlah kunjungan," kata dia.

Anggota DPRD Gunungkidul Eko Ruswanto mengatakan, kenaikan target PAD tahun ini yang menjadi Rp 27 miliar bukan tanpa alasan karena sudah melalui kajian yang matang, sehingga potensi dari PAD wisata dapat dioptimalkan.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan yakni dengan memaksimalkan fungsi pengawasan agar kebocoran retribusi masuk pariwisata dapat dicegah.

"Dewan sudah ada kajian dan mencapai Rp 17 miliar tidak sulit dan bisa direalisasikan," ucap Eko.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com