Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Wisata pada Tahun Macan Air, Ini Penjelasannya Menurut Feng Shui

Kompas.com - 18/01/2022, 18:31 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berdasarkan feng shui, tahun 2022 merupakan tahun Macan Air. Awal mula penyebutan tahun Macan Air dan interpretasi tren wisata yang berganti setiap tahun dapat diketahui dari riset feng shui secara logis.

Beberapa waktu lalu Kompas.com sempat berbincang dengan Senior Consultant dan Co-Founder Feng Shui Consultant Indonesia Angelina Fang mengenai tren wisata di tahun ini.

"Dulu, awalnya suami saya, Yulius Fang yang jadi pakar feng shui. Waktu itu saya jadi asistennya saja. Puji syukur semakin banyak klien dan beliau membutuhkan bantuan. Jadi, saya turun setelah belajar di akademi feng shui luar negeri untuk dapat sertifikasi," kata Angelina, Minggu (16/1/2022).

Baca juga: Tradisi Perayaan Imlek di Seluruh Dunia, Waktu untuk Kumpul Keluarga

Menurut Angelina, feng shui yang ia gunakan adalah hasil analisis, tidak menggunakan feeling ataupun indera keenam. Dirinya berusaha untuk mengenalkan feng shui otentik yang klasik, ilmiah, dan universal, dan tidak semata berkaitan dengan agama atau kepercayaan.

"Kita mau mendorong penerapan feng shui bersifat ilmiah. Untuk mengedukasi pemahaman masyarakat juga, bahwa ini bisa dilakukan dengan riset alam," lanjut dia.

Sebelum membicarakan tren, Angelina menambahkan, ada baiknya mengetahui sejarah singkat dari penyebutan tahun Macan Air menurut feng shui.

Asal-usul penyebutan tahun Macan Air

Bisa dikatakan bahwa macan air ini mewakili lambang atau elemen, tidak berarti benar-benar melihat binatang atau sifatnya yang seperti macan.

"Zaman dahulu, rakyat menengah ke bawah yang tidak duduk di bangku pendidikan atau buta huruf, menciptakan sistem binatang ini untuk memudahkan mereka mengetahui tahun lahir," jelas Angelina.

Ilustrasi Tahun Baru Imlek 2022, Tahun Macan Air. FREEPIK/PIKISUPERSTAR Ilustrasi Tahun Baru Imlek 2022, Tahun Macan Air.

Kemudian, hewan-hewan ini akan mewakili satu elemen, dengan sebab mereka lebih mudah mengingat hewan dibandingkan lambang elemen tertentu. Feng shui sendiri memiliki lima elemen, yaitu air, api, kayu, tanah, dan logam.

Angelina menyebutkan, macan mewakili elemen kayu yang besar. Elemen sendiri dapat memengaruhi sifat manusia. Sifat dari kayu besar berarti kokoh, ambisius, baik hati, dan peduli terhadap sesama.

Baca juga: 12 Shio dan Cara Memaknai Dalam Kehidupan Masyarakat Tionghoa

Selain itu, kayu besar yang biasa ditemukan di pohon juga bersifat aktif, tumbuh berkembang, dan ibaratnya senang berpetualang karena akarnya yang menjalar. Namun, di satu sisi, sifatnya tergambar sebagai impulsif, kurang sabar, keras kepala, dan kaku.

"Tahun ini, macan datang bersama dengan air. Jadi, elemennya ditambah, artinya kayu besar bertemu dengan air besar," jelas Angelina.

Baca juga: Kenapa Jeruk Dianggap Membawa Keberuntungan dalam Feng Shui?

Sementara, sifat dari elemen air besar bisa ditemukan di sungai atau samudra yang luas. Merujuk pada sifat air, artinya orang-orang akan fleksibel dan adaptif sehingga mudah bergerak.

Selain itu, air juga behubungan dengan kecerdasan pada otak, sehingga akan lebih cerdas tetapi sering khawatir karena kepintaran yang dimiliki.

Baca juga: Cara Memasukkan 5 Elemen Feng Shui ke Rumah untuk Membawa Keseimbangan

"Jadi orang-orang yang lahir di tahun macan air, secara umum memiliki sifat-sifat tadi. Meskipun tidak akan seratus persen sama karena dipengaruhi background dan lingkungan juga," lanjut dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com