Kompas.com - 18/01/2022, 18:31 WIB

KOMPAS.com - Berdasarkan feng shui, tahun 2022 merupakan tahun Macan Air. Awal mula penyebutan tahun Macan Air dan interpretasi tren wisata yang berganti setiap tahun dapat diketahui dari riset feng shui secara logis.

Beberapa waktu lalu Kompas.com sempat berbincang dengan Senior Consultant dan Co-Founder Feng Shui Consultant Indonesia Angelina Fang mengenai tren wisata di tahun ini.

"Dulu, awalnya suami saya, Yulius Fang yang jadi pakar feng shui. Waktu itu saya jadi asistennya saja. Puji syukur semakin banyak klien dan beliau membutuhkan bantuan. Jadi, saya turun setelah belajar di akademi feng shui luar negeri untuk dapat sertifikasi," kata Angelina, Minggu (16/1/2022).

Baca juga: Tradisi Perayaan Imlek di Seluruh Dunia, Waktu untuk Kumpul Keluarga

Menurut Angelina, feng shui yang ia gunakan adalah hasil analisis, tidak menggunakan feeling ataupun indera keenam. Dirinya berusaha untuk mengenalkan feng shui otentik yang klasik, ilmiah, dan universal, dan tidak semata berkaitan dengan agama atau kepercayaan.

"Kita mau mendorong penerapan feng shui bersifat ilmiah. Untuk mengedukasi pemahaman masyarakat juga, bahwa ini bisa dilakukan dengan riset alam," lanjut dia.

Sebelum membicarakan tren, Angelina menambahkan, ada baiknya mengetahui sejarah singkat dari penyebutan tahun Macan Air menurut feng shui.

Asal-usul penyebutan tahun Macan Air

Bisa dikatakan bahwa macan air ini mewakili lambang atau elemen, tidak berarti benar-benar melihat binatang atau sifatnya yang seperti macan.

"Zaman dahulu, rakyat menengah ke bawah yang tidak duduk di bangku pendidikan atau buta huruf, menciptakan sistem binatang ini untuk memudahkan mereka mengetahui tahun lahir," jelas Angelina.

Ilustrasi Tahun Baru Imlek 2022, Tahun Macan Air. FREEPIK/PIKISUPERSTAR Ilustrasi Tahun Baru Imlek 2022, Tahun Macan Air.

Kemudian, hewan-hewan ini akan mewakili satu elemen, dengan sebab mereka lebih mudah mengingat hewan dibandingkan lambang elemen tertentu. Feng shui sendiri memiliki lima elemen, yaitu air, api, kayu, tanah, dan logam.

Angelina menyebutkan, macan mewakili elemen kayu yang besar. Elemen sendiri dapat memengaruhi sifat manusia. Sifat dari kayu besar berarti kokoh, ambisius, baik hati, dan peduli terhadap sesama.

Baca juga: 12 Shio dan Cara Memaknai Dalam Kehidupan Masyarakat Tionghoa

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.