Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2022, 14:02 WIB
Desi Intan Sari,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Tempat wisata Girpasang di Klaten, memiliki jembatan gantung baru yang diresmikan pada Kamis, (20/1/2022) lalu. 

Adanya jembatan baru yang menghubungkan Girpasang dengan desa seberang, membuat masyarakat berbondong-bondong untuk datang ke tempat wisata alam ini. 

Bagi masyarakat yang ingin mencoba melewati jembatan, ataupun menaiki wahana gondola, sebaiknya datang di waktu tertentu,agar tak begitu ramai dan antre. 

Baca juga: Harga Tiket Jembatan Gantung dan Gondola di Girpasang Klaten

Kompas.com akan membagikan tips berwisata ke Girpasang, bagi masyarakat yang dalam waktu dekat ini berniat mencoba jembatan gantung dan menaiki gondola.

1. Jangan datang saat hari libur

Anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Eka Aryanta memberikan saran kepada pengunjung yang ingin liburan ke tempat ini untuk tak datang saat hari libur. 

“Hindari datang ke Girpasang saat hari Sabtu dan Minggu, serta tanggal merah,” kata Eka kepada Kompas.com, Minggu (23/1/2022). 

Jembatan Gantung GirpasangDok. Kementerian PUPR Jembatan Gantung Girpasang

Menurut dia jika datang saat hari libur, pasti akan ada banyak orang yang berkunjung. Terlebih untuk jembatan yang baru dibuka, orang-orang masih penasaran. 

Baca juga: Gondola Kaca di Girpasang Klaten Sudah Buka, Kunjungi Saat Liburan

2. Datang siang hari 

Para pengujung yang ingin menikmati pemandangan di Girpasang, tanpa ada banyak orang-orang, bisa datang di siang hari. 

Siang hari kemungkinan besar memang lebih panas dan terik. Oleh karena itu, hanya sedikit orang yang datang ke Girpasang. 

Baca juga: Kedai Pojok di Kemalang, Klaten, Ngopi Ditemani Gagahnya Gunung Merapi

Eka mengatakan bahwa kebanyakan pengunjung datang saat pagi atau sore hari untuk melewati jembatan gantung ataupun naik gondoloa. 

“Untuk antusias pengunjung kalau masih anak-anak muda gitu kebanyakan datang sore, sedangkan rombongan keluarga biasanya datang pagi sampai siang hari,” jelas Eka. 

Gondola khusus wisatawan di Dusun Girpasang, Klaten.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Gondola khusus wisatawan di Dusun Girpasang, Klaten.

Namun apabila hanya bisa berangkat pagi, wisatawan bisa berkunjung pagi-pagi saat wisata Girpasang baru buka.

Baca juga: 4 Tempat Wisata Sekitar Bendungan Kendalsari, Ada Dusun Girpasang

Pada waktu ini, banyak wisatawan yang masih di jalan atau baru berangkat dari rumah. Kondisi wisata Girpasang pun masih cukup sepi.

3. Datang pukul 15.00 WIB sampai 21.00 WIB

Meskipun berwisata di Girpasang ketika sore hari akan mendapati lebih banyak pengunjung, Eka mengatakan bahwa pemandangan yang dilihat akan lebih indah. 

Bagi pengunjung yang tidak peduli keramaian atau antrean panjang, bisa datang saat sore hingga malam karena pada waktu tersebut akan ada kabut yang turun.  

“Kalau menurut aku sih enakan datang sekitar jam-jam 15.00 sampai dengan 21.00,” tutur Eka. 

Tempat makan dengan pemandangan Gunung Merapi dan Dusun Girpasang bernama Kedai Pojok Dusun Kringin, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (dok. Kedai Pojok).dok. Kedai Pojok Tempat makan dengan pemandangan Gunung Merapi dan Dusun Girpasang bernama Kedai Pojok Dusun Kringin, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (dok. Kedai Pojok).

Menurut dia saat kabut tebal, wisatawan bisa seolah berjalan di jembatan yang melayang tanpa ujung.

Pemadangan tersebut membuat pengujung seperti berada di atas awan, dan biasanya yang datang di waktu tersebut sekalian ingin berburu foto di Girpasang.

Baca juga: Kedai Pojok di Kemalang, Klaten, Ngopi Ditemani Gagahnya Gunung Merapi

Malam hari pun jadi waktu yang pas untuk menikmati suasana kafe yang begitu sejuk dan syahdu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com