Kompas.com - 24/01/2022, 17:05 WIB

KOMPAS.com – Wisata alam di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), memang terkenal akan keindahan alamnya yang memesona. 

Selain bukit dan pantai, Yogyakarta juga memiliki banyak air terjun indah yang bisa dikunjungi saat liburan. 

Sayangnya, ada beberapa air terjun yang hanya bisa dikunjungi saat musim hujan. Saat musim kemarau, air terjun itu kering. 

Baca juga: 16 Tempat Wisata di Yogyakarta dengan Pemandangan Alam yang Indah

Berikut ini adalah daftar air terjun di Yogyakarta, yang hanya ada saat musim hujan dan wajib dikunjungi sebelum kembali mengering. 

1. Kedung Kandang Nglangeran

Air terjun pertama yang akan dibahas adalah Kedung Kadang Nglangeran. Lokasinya ada di Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. 

Air Terjun Kedung Kandang di Nglanggeran, Gunungkidul.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Air Terjun Kedung Kandang di Nglanggeran, Gunungkidul.

Bulan Desember sampai April  merupakan waktu yang tepat untuk datang ke air terjun ini, karena sifatnya yang musiman. 

Jadi saat musim kemarau, air terjun ini tak bisa dinikmati karena kering, sedangkan saat musim hujan aliran airnya deras dan cocok untuk bermain air.

Baca juga: 6 Fakta Menarik Pantai Wediombo Yogyakarta, Bekas Kawah Purba

Bentuk air terjun ini berundak tapi landai, jadi para pengunjung bisa bermain air di antara bebatuannya. Jam buka Air Terjun Kedung Kandang adalah dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. 

2. Luweng Sampang

Selanjutnya, air terjun di Yogyakarta yang juga hanya muncul di musim hujan adalah Luweng Sampang. Air terjun ini terlihat sangat unik, karena lokasinya yang berada di antara tebing batu dengan ceruk yang tergerus secara alami oleh air.

Luweng SampangShutterstock Luweng Sampang

Datang ke Air Terjun Luweng Sampang, membut pengunjungnya seperti berada di luar negeri, karena tempatnya mirip dengan Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat (AS). 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.