Kompas.com - 24/01/2022, 20:08 WIB

KOMPAS.com - Pintu pariwisata dalam negeri dengan skema travel bubble antara Singapura dan Indonesia, telah dibuka mulai Senin (24/1/2022), via Batam-Bintan, Kepulauan Riau.

Merujuk Surat Edaran (SE) Nomor 3 Tahun 2022, travel bubble adalah sistem koridor perjalanan yang bertujuan membagi peserta ke dalam kelompok (bubble) berbeda, dengan memisahkan peserta yang memiliki risiko terpapar Covid-19 dengan masyarakat umum.

Mekanisme ini disertai pembatasan interaksi, hanya kepada orang dalam satu kelompok (bubble) yang sama, dengan penerapan prinsip karantina untuk meminimalkan risiko penyebaran Covid-19.

Baca juga: Travel Bubble Indonesia-Singapura, Uji Coba Bertahap Mulai 24 Januari

Sebagaimana diberitakan Kompas.com sebelumnya (24/1/2022), dalam travel bubble atau gelembung perjalanan akan meniadakan masa isolasi yang biasanya wajib dilakukan pelancong internasional saat akan memasuki sebuah negara pada masa pandemi Covid-19.

Kendati demikian, kebijakan ini hanya diberlakukan pada kelompok pelancong terpilih dari negara tertentu.

Seperti halnya pada skema ini, warga Indonesia dan Singapura sama-sama boleh masuk ke wilayah satu sama lain, tanpa menjalani masa karantina sebagaimana aturan yang berlaku.

Syarat travel bubble Singapura ke Indonesia via Batam Bintan

Adapun sejumlah persyaratan harus dipatuhi oleh wisatawan mancanegara saat berkunjung ke Batam dan Bintan.

Aturan itu tertuang dalam SE Nomor 3 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Pelaku Perjalanan Luar Negeri Mekanisme Travel Bubble di Kawasan Batam, Bintan, dengan Singapura dalam Masa Pandemi Covid-19, sebagai berikut:

Lanskap Bintan di atas (Indonesia Travel) Indonesia Travel Lanskap Bintan di atas (Indonesia Travel)

1. Wisatawan asal Singapura yang ingin memasuki Batam harus melalui Terminal Feri lnternasional Nongsapura, baru kemudian menjalani travel bubble di Nongsa Sensation, Batam.

2. Wisatawan asal Singapura yang ingin memasuki Bintan harus melalui Terminal Feri Bandar Bintan Telani, baru menjalani travel bubble di kawasan Lagoi Bintan Resort, Bintan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.