Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Restoran Termahal di Dunia, Harga Menunya Rp 24,9 Juta per Orang

Kompas.com - 25/01/2022, 09:29 WIB
Ulfa Arieza ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi sejumlah orang, menyantap makanan di restoran tak hanya soal rasa. Lebih dari itu, petualang rasa biasanya mencari sensasi berbeda saat makan di restoran seperti suasana, penampilan makanan, teknik memasak, dan teknik penyajian.

Bagi mereka, harga tak menjadi soal asal mendapatkan pengalaman bersantap yang luar biasa. Tak heran, restoran yang menawarkan menu mahal tetap memiliki pelanggan.

Majalah internasional spesialis makanan Chef’s Pencil melakukan survei kepada hampir 500 restoran di berbagai negara yang menghasilkan peringkat restoran dengan harga makanan termahal. Dalam jajaran sepuluh restoran termahal, lima di antaranya berada di Jepang.

Baca juga: 7 Restoran di Bogor, Pas untuk Dinner Romantis Bersama Pasangan

Survei tim Chef’s Pencil  dilakukan terhadap harga menu. Mereka juga mencicipi lengkap (tasting course) di hampir 500 restoran bintang Michelin dari berbagai negara. Chef’s Pencil sendiri diluncurkan pada 2009 oleh chef asal Belanda yang berbasis di Sydney, Australia.

Mengutip Kompas.com, Selasa (19/10/2021), Bintang Michelin adalah penghargaan bergengsi yang diberikan untuk restoran dengan masakan yang luar biasa.

Baca juga: 8 Restoran Jakarta yang Cocok Dijadikan Tempat Dinner Romantis

Penilaian bintang Michelin terdiri dari bintang 1,2, dan 3. Semakin banyak bintang Michelin, berarti kualitas restoran tersebut semakin baik.

10 Restoran dengan Menu Termahal di Dunia

Berikut ini Kompas.com rangkum 10 restoran dengan menu termahal di dunia:

1. Sublimotion (Ibiza, Spanyol)

Restoran termahal di dunia adalah Sublimotion yang berada di Ibiza, Spanyol. Harga paket makanan di restoran ini bisa mencapai 1.740 dollar AS per orang, setara Rp 24,93 juta (kurs Rp14.329 per dollar AS).

Sublimotion, Ibiza, Spanyol.TANGKAP LAYAR SUBLIMOTIONIBIZA.COM Sublimotion, Ibiza, Spanyol.

Chef’s Pencil menyebut bahwa Sublimotion tak bisa disebut restoran biasa. Sublimotion menggunakan kecanggihan teknologi untuk menawarkan pengalaman tak terduga kepada para pengunjungnya.

Misalnya, kehadiran koki cyber di hadapan setiap pengunjung, teknik penyajian gastronomi, teknologi Virtual Reality (VR) untuk mencicipi makanan, dan lainnya.

Salah satu pendiri restoran, sekaligus kepala koki adalah peraih dua bintang Michelin, yakni Paco Roncero.

Baca juga: 7 Fakta Hey Beach, Restoran dengan Suasana dan Pasir ala Pantai Bali

2. Ultraviolet by Paul Pairet (Shanghai, China)

Serupa dengan Sublimotion, Ultraviolet juga memadukan keahlian memasak dengan teknologi visual. Restoran ini menawarkan menu Barat yang diisi sentuhan Asia.

Meja makanan dikelilingi oleh dinding-dinding yang dipenuhi gambar visual gambar. Gambar tersebut terus bergerak menghadirkan visual yang indah.

Alhasil, semua indera pelanggan dibuat kewalahan karena serangan rasa makanan lezat, berpadu dengan visual yang indah. Harga menu di Ultraviolet mencapai 1.422 dolar AS per orang, atau Rp 20,37 juta per orang. 

Baca juga: Wisata Kuliner di Hong Kong, Jangan Lupa Mampir ke 5 Restoran Ini

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com