Kompas.com - 25/01/2022, 16:33 WIB

KOMPAS.com - Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, mulai dikenal masyarakat terutama setelah berdirinya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Kehadiran bandara baru tersebut diharapkan bisa menggenjot kunjungan wisata ke Jawa Barat, khususnya Majalengka. Hal ini karena wilayah tersebut menyimpan beragam tempat wisata, khususnya wisata alam.

Secara umum, Majalengka terdiri dari dataran tinggi dan dataran rendah. Wilayah ini juga dikenal sebagai lumbung padi Jawa Barat.

Berikut tempat wisata alam di Majalengka yang wajib dikunjungi:

Baca juga: Itinerary Wisata Murah Meriah 1 Hari di Majalengka

1. Curug Ibun Pelangi

Curug Ibun Pelangi di Desa Sukadana, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, beberapa waktu lalu, menjadi daya tarik wisata baru di kabupaten itu. Kawasan yang merupakan punggung Gunung Ciremai itu tercipta dari lava gunung yang telah dingin selama ratusan tahun. Lava dingin itu membentuk bebatuan memanjang di sepanjang aliran Sungai Cilongkrang, mengelilingi punggung Ciremai. Di sela-sela bebatuan muncul air terjun atau curug yang mengalirkan air sedingin es.
KOMPAS/RINI KUSTIASIH Curug Ibun Pelangi di Desa Sukadana, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, beberapa waktu lalu, menjadi daya tarik wisata baru di kabupaten itu. Kawasan yang merupakan punggung Gunung Ciremai itu tercipta dari lava gunung yang telah dingin selama ratusan tahun. Lava dingin itu membentuk bebatuan memanjang di sepanjang aliran Sungai Cilongkrang, mengelilingi punggung Ciremai. Di sela-sela bebatuan muncul air terjun atau curug yang mengalirkan air sedingin es.

Curug atau air terjun ini menyajikan pemandangan yang unik lantaran diapit oleh dua dinding batu alam, apalagi ketika sinar matahari menembus celah dinding batu tersebut.

Mengutip situs web resmi Dinas Pariwisata Majalengka, Curug Ibun Pelangi memiliki air yang jernih dan pepohonan rindang. Kata "ibun" dalam bahasa Sunda berarti gerimis.

Sesuai namanya, pengunjung bisa menikmati fenomena pelangi yang muncul di area curug.

Curug Ibun Pelangi berjarak kurang lebih 16 kilometer dari pusat Kota Majalengka dengan estimasi waktu tempuhnya 30 menit. Waktu yang pas untuk menikmati panorama di curug ini sekitar pukul 07.00-09.00 WIB.

Lokasinya ada di Desa Sukasari Kaler, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka

Baca juga: Danau Biru Majalengka, Tawarkan Keindahan Alam dan Air Jernih

2. Gunung Ciwaru

Pengunjung Gunung Ciwaru bisa menikmati hamparan hutan pinus, serta panorama alam di dataran tinggi. Tempatnya ada di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka. 

Untuk bisa menikmati pemandangan dari puncak, maka pengunjung harus berjalan kaki sekitar 300 meter. Dari atas Gunung Ciwaru, mereka bisa melihat Gunung Ciremai yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat.

Ada pula beberapa spot selfie untuk mengabadikan momen. Gunung Ciwaru juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti area parkir, toilet, gardu pandang, dan warung makan.

Baca juga: Bukit Mercury Sayang Kaak Majalengka, Spot Instagramable Berlatar Kebun Bawang

3. Bukit Kanaga

Bukit Kanaga merupakan salah satu obyek wisata yang berada pada kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Lokasinya berada di ketinggian kurang lebih 1.300-1.450 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Tempat ini memiliki panorama hutan pinus dan perkebunan sayur sejauh mata memandang. Salah satu tanaman khas di dekat Bukit Kanaga adalah buah kesemek atau yang dikenal sebagai apel gunung.

Bukit Kanaga memiliki lahan camping seluas tiga hektare yang bisa menampung ratusan tenda. 

Pengunjung bisa mendatanginya di Desa Cipulus, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka.

Baca juga: Desa Ujungberung, Pusat Durian Perwira Sinapeul khas Majalengka

4. Terasering Panyaweuyan

Sawah Terasering Instagramable di Argapura, MajalengkaSHUTTERSTOCK Sawah Terasering Instagramable di Argapura, Majalengka

Foto Terasering Panyaweuyan sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu. Lokasinya masih berada di lereng Gunung Ciremai.

Terasering ini merupakan perkebunan bawang merah yang tumbuh di lahan berundak. Pengaturan tanaman yang rapi membuat Terasering Panyaweuyan menjadi incaran para fotografer.

Untuk menuju lokasi membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit dari pusat Kota Majalengka. Tempatnya ada di Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka.

Waktu terbaik mengunjungi lokasi ini adalah akhir Desember hingga awal Februari karena tanaman bawang merah telah tumbuh daun. 

Baca juga: Selain Bali, Ada 4 Sawah Instagramable di Majalengka

5. Puncak Sawiyah

Lokasi berikutnya masih berupa dataran tinggi, yaitu Puncak Sawiyah. Dari lokasi ini, pengunjung bisa melihat Gunung Galunggung, Talaga Bodas, Gunung Papandayan, dan Bandara Kertajati.

Ada beberapa spot foto yang tersedia di Puncak Sawiyah. Selain itu, lokasi ini juga memiliki Curug Remis yang berada di puncak Bukit Sawiyah. 

Air terjun tersebut disebut masih alami dan airnya jernih.

Puncak Sawiyah berada di Desa Sangiang, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka. 

Baca juga: 6 Tempat Wisata Sejuk di Majalengka, Bikin Betah

6. Kebun Teh Cipasung

Kebun teh ini memiliki luas area hingga 58 hektare. Pengunjung bisa berkeliling sembari menikmati suasana Kebun Teh Cipasung.

Lokasinya berada di perbatasan Kabupaten Majalengka dengan Kabupaten Ciamis. Sebaiknya, pengunjung membawa motor jika hendak berkunjung ke Kebun Teh Cipasung karena jalannya penuh tanjakan.

Kebun teh ini ada di Cipasung, Kabupaten Majalengka.

Baca juga: 4 Wisata Hits Majalengka, Pas untuk Liburan yang Menyenangkan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.