Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Norwegia Akhiri Syarat Karantina bagi Turis Asing per 26 Januari

Kompas.com - 27/01/2022, 12:04 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Norwegia akan mengakhiri syarat wajib karantina yang saat ini berlaku untuk turis yang tidak divaksinasi.

Kebijakan ini disertai dengan keputusan untuk menutup kontak dengan orang yang terinfeksi virus.

“Mengikuti rekomendasi dari National Institute of Public Health, pemerintah menghapus persyaratan karantina karena tidak lagi dianggap perlu untuk pengendalian infeksi,” kata Kementerian Kesehatan Norwegia, mengutip SchengenVisaInfo.com, Kamis (27/01/2022).

Baca juga: Benarkah Paspor Norwegia Adalah yang Terkeren di Dunia?

Menurut siaran pers yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Norwegia, keputusan untuk mengakhiri syarat karantina diterapkan karena negara tersebut menganggap aturan ini tidak lagi diperlukan untuk mengendalikan penyebaran virus.

Institut Kesehatan Masyarakat Nasional Norwegia menunjukkan bahwa, turis yang tidak memiliki sertifikat vaksinasi hanya berjumlah tujuh persen dari total jumlah orang yang memasuki negara tersebut.

Oleh karena itu, per 26 Januari 2022, semua turis akan diizinkan masuk ke Norwegia tanpa harus mengikuti persyaratan karantina, termasuk turis yang belum divaksinasi.

Meski tidak karantina, turis yang belum divaksinasi atau belum sembuh dari virus tetap wajib mengikuti tes Covid-19 sebelum masuk ke Norwegia.

Sementara, turis yang telah menerima dosis vaksin lengkap dan telah pulih dari infeksi Covid-19 dibebaskan dari aturan masuk apapun.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com