Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/01/2022, 15:03 WIB
Ulfa Arieza ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pecinan atau Chinatown merupakan sebuah kota atau kawasan di luar China yang mayoritas penghuninya adalah etnis Tinghoa. Mereka merantau di seluruh penjuru dunia kemudian menetap di wilayah tersebut.

Sesuai namanya, wilayah Pecinan kental akan budaya China. Mulai dari dominasi warna merah pada setiap bangunan, tempat ibadah kelenteng, hingga aksesoris dan kuliner khas China.

Kawasan ini makin semarak saat perayaan hari besar warga keturunan China, seperti tahun baru Imlek. Selain ibadah, biasanya ada pertunjukan barongsai maupun sajian kuliner di kawasan Pecinan.

Baca juga: Melihat Kampung Pecinan di Senggarang Kecil

Indonesia juga memiliki sejumlah kawasan Pecinan. Berikut 8 Pecinan di Indonesia yang penuh sejarah seperti dirangkum Kompas.com:

1. Petak Sembilan Glodok, Jakarta

Pecinan ini merupakan salah satu Pecinan terbesar di DKI Jakarta. Lokasinya berada di kompleks Kota Tua, Jakarta Utara.

Menjelang perayaan tahun baru China (Imlek) 2571, Pedagang pernak-pernik Imlek mulai memadati kawasan Pecinan Glodok, Jakarta Barat, Selasa (14/1/2020). Berbagai macam dagangan seperti lampion, pakaian, bunga hiasan, dan angpau dijual dengan variasi harga yang berbeda.KOMPAS.com/M ZAENUDDIN Menjelang perayaan tahun baru China (Imlek) 2571, Pedagang pernak-pernik Imlek mulai memadati kawasan Pecinan Glodok, Jakarta Barat, Selasa (14/1/2020). Berbagai macam dagangan seperti lampion, pakaian, bunga hiasan, dan angpau dijual dengan variasi harga yang berbeda.

Mengutip Kompas.com, Sabtu (28/01/2012), ada sejumlah tempat ibadah di kawasan Pecinan Glodok. Meliputi, Wihara Bhudi Dharma, atau yang lebih dikenal dengan Kelenteng Jin De Yuan, Wihara Ariya Marga atau Lamceng Tee Bio, dan Kelenteng Tang Seng Ong Se.

Area dalam kawasan Pecinan Glodok yang terkenal yaitu Petak Sembilan. Sejarah nama Petak Sembilan karena dulunya tempat ini merupakan kawasan perdagangan dengan sembilan petak.

Baca juga: 2 Tempat Legendaris untuk Seruput Teh dan Kopi di Pecinan Glodok

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat mengunjungi Petak Sembilan ini. Pengunjung bisa menikmati kuliner khas China dan berbelanja suvenir.

2. Pecinan Singkawang, Kalimantan Barat

Pecinan Singkawang merupakan salah satu Pecinan terbesar di Indonesia. Lokasinya berada di Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Ritual buka mata naga dalam perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2569 yang dipusatkan di Vihara Tri Dharma Bumi Raya, Singkawang, Kalimantan Barat, Rabu (28/2/2018). Sebanyak 9 replika naga dari Santo Yosep Singkawang Group melakukan ritual buka mata naga dan memecahkan rekor di Museum Rekor Indonesia kategori replika naga terbanyak yang dibuat oleh satu grup.KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN Ritual buka mata naga dalam perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2569 yang dipusatkan di Vihara Tri Dharma Bumi Raya, Singkawang, Kalimantan Barat, Rabu (28/2/2018). Sebanyak 9 replika naga dari Santo Yosep Singkawang Group melakukan ritual buka mata naga dan memecahkan rekor di Museum Rekor Indonesia kategori replika naga terbanyak yang dibuat oleh satu grup.

Pecinan Singkawang memiliki beberapa peninggalan arkeologis, seperti kelenteng tua, bangunan masa kolonial Belanda, dragon kiln atau tungku pembakaran keramik, hingga rumah tua dengan arsitektur China.

Kota Singkawang dikenal dengan sebutan kota Seribu Kuil karena di setiap sudutnya dapat ditemui banyak bangunan vihara atau kelenteng. Salah satu yang terkenal adalah Wihara Tri Dharma Bumi Raya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com