Kompas.com - 29/01/2022, 17:05 WIB

KOMPAS.com - Imlek merupakan perayaan tahun baru bagi warga keturunan China di Indonesia. Perayaan Imlek dimulai pada hari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh pada tanggal ke-15.

Imlek ditetapkan sebagai libur nasional oleh pemerintah Indonesia. Karenanya, masyarakat bisa menikmati liburan dan berkumpul bersama keluarga.

Baca juga: Unggah Foto Perayaan Imlek di Grand Indonesia Bisa Dapat Promo, Ini Caranya

Agar suasana Imlek lebih terasa, masyarakat khususnya keturunan China mendatangi tempat-tempat yang membuat nuansa Imlek makin kental.

Daftar destinasi dengan suasana Imlek

Sejumlah kota di Indonesia mempunyai destinasi yang menawarkan budaya China, sehingga perayaan Imlek semakin terasa.

1. Pecinan

Pecinan atau chinatown merupakan kota atau kawasan di luar China yang mayoritas penghuninya adalah etnis Tinghoa.

Tak heran, suasana di Pecinan kental dengan budaya China, mulai dari bangunan dengan arsitektur China, kelenteng, kuliner, sampai suvenir.

Menjelang perayaan tahun baru China (Imlek) 2571, Pedagang pernak-pernik Imlek mulai memadati kawasan Pecinan Glodok, Jakarta Barat, Selasa (14/1/2020). Berbagai macam dagangan seperti lampion, pakaian, bunga hiasan, dan angpau dijual dengan variasi harga yang berbeda.KOMPAS.com/M ZAENUDDIN Menjelang perayaan tahun baru China (Imlek) 2571, Pedagang pernak-pernik Imlek mulai memadati kawasan Pecinan Glodok, Jakarta Barat, Selasa (14/1/2020). Berbagai macam dagangan seperti lampion, pakaian, bunga hiasan, dan angpau dijual dengan variasi harga yang berbeda.

Sejumlah kawasan Pecinan yang tersebar di seluruh kota Indonesia, antara lain Petak Sembilan Glodok (Jakarta), Singkawang (Kalimantan Barat), Kampung Sudiroprajan (Solo), Kya-kya (Surabaya), dan Pecinan di Semarang.

Baca juga: 20 Ucapan Imlek 2022 dalam Bahasa Inggris, Lengkap dengan Artinya

Saat perayaan tiba, tentunya suasana di Pecinan sangat meriah. Lokasi ini bisa menjadi pilihan destinasi yang kental dengan nuansa Tionghoa.

2. Kelenteng

Kelenteng atau wihara merupakan tempat ibadah umat Khonghucu yang banyak dianut oleh keturunan China. Saat perayaan Imlek, umat Khonghucu rutin menggelar sembahyang di wihara.

Mendatangi kelenteng tentunya akan menambah suasana perayaan Imlek. Biasanya, kelenteng berada di kawasan Pecinan.

Kemegahan Klenteng Sam Poo Kong saksi sejarah keberagaman masyarakat Kota SemarangKOMPAS.com/RISKA FARASONALIA Kemegahan Klenteng Sam Poo Kong saksi sejarah keberagaman masyarakat Kota Semarang

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.