Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calendar of Event 2022 Kulon Progo, Ada Ratusan Kegiatan Pendukung Pariwisata

Kompas.com - 29/01/2022, 19:07 WIB
Dani Julius Zebua,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KULON PROGO, KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), meluncurkan Calendar of Event 2022.

Ada ratusan kegiatan, meliputi festival, pentas seni budaya, pertunjukkan, peresmian, dan lomba yang akan berlangsung sepanjang 2022. Semua agenda itu ditujukan untuk meningkatkan citra pariwisata Kulon Progo.

“Saya mengapresiasi upaya mengembangkan daerah ini semakin menarik, sehingga mendatangkan peluang untuk mengembangkan daerah kita," kata Bupati Kulon Progo Sutedjo, Jumat (28/1/2022).

Baca juga: Berburu Oleh-oleh Khas Kulon Progo, Bisa ke Pasar Sentolo Baru

Pernyataan itu ia sampaikan dalam peluncuran Kalender Event 2022 di Kawasan Tugu Malioboro, Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulon Progo, Jumat (28/1/2022).

Beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) Kulon Progo pun melakukan kerja sama untuk mendorong perkembangan pariwisata, baik Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan, sampai Dinas Komunikasi dan Informatika serta Dinas Pertanian dan Pangan.

Daftar event Kulon Progo 2022

Kalender Event 2022 Kulon Progo terdiri banyak sekali kegiatan. Setidaknya, paling sedikit tiga kegiatan dalam satu bulan. Paling banyak 20 gelaran atau kegiatan per bulan, terutama pada Agustus dan Oktober.

Beberapa gelaran di antaranya familiarization trip (famtrip) dan gelar kolaborasi wisata perbatasan, juga lalu lomba cipta lagu ikon pariwisata. Selanjutnya, ada Gala Premier Film Pariwisata dan festival makanan pada Bulan Mei. 

Festival Paralayang juga akan kembali digelar pada Juli 2022. Kemudian, Pacak Sepuran atau memperindah kawasan sepanjang jalur kereta bandara pada Agustus 2022.

Pantai Glagah Kulon Progo tahun 2019.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pantai Glagah Kulon Progo tahun 2019.

Tidak ketinggalan, lomba lari di pinggir pantai wisata dengan tajuk Glagah Tropical Run akan digelar pada September 2022. Sejumlah kegiatan lain juga berlangsung hingga November 2022.

Untuk event budaya, di antaranya adalah pentas seni tradisi, pentas seni budaya, hingga festival wayang kulit cilik dengan dalang anak dan remaja pada Februari 2022. Awal Maret, akan ada peringatan Serangan Umum 1 Maret, juga kegiatan Nyadran Agung.

Disbud juga akan gelar sendratari Api di Bukit Menoreh pada April 2022, disusul apresiasi sastra hingga pentas seni tradisi pada Juni 2022. Ada pula kegiatan macapat rutin pada Juli 2022.

Baca juga: Dafam Hotel Management akan Buka Hotel Dekat Bandara YIA Kulon Progo

Kemudian, gelar potensi warisan budaya tak benda akan digelar Agustus 2022. Pada September 2022, ada lomba fotografi budaya hingga cerdas cermat budaya.

Selanjutnya, Manunggal Fair maupun parade budaya perbatasan digelar pada Oktober 2022. Sedangkan November 2022, akan diadakan launching karya film sineas Kulon Progo.

Bagi pencinta kopi, Festival Kopi Menoreh bakal digelar Juni dan September 2022. Lalu, Festival burung digelar Agustus 2022. Ada pula Festival Panen Hasil Buah Kulon Progo pada Februari dan Maret 2022.

Baca juga: Taman Tresno Jasa Marga di Kulon Progo, Tambang Pasir yang Jadi Tempat Wisata

“Melalui sosmed kita akan gencarkan promosi ini. Kami juga menyampaikan lewat reklame di tiga titik media luar ruang. Kami juga menggandeng media massa agar semua tersampaikan ke masyarakat secara efektif, juga media sosial,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Joko Mursito.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com