Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Mudah Atasi Overpacking Saat Berpergian

Kompas.com - 29/01/2022, 20:08 WIB
Desi Intan Sari,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Seringkali banyak orang yang overpacking, atau membawa terlalu banyak barang bawaan saat berpergian. 

Apalagi saat berpergian, orang-orang terkadang membawa seluruh pakaian yang dirasa bagus dan keren tanpa memikirkan apakah berguna atau tidak di tempat tujuan.

Oleh karena itu, daripada harus overpacking dan membuat liburan yang harusnya menyenangkan menjadi ribet, kamu bisa mengikuti beberapa tips mudah berikut ini, dikutip dari Smart Travel, Sabtu (29/1/2022). 

Baca juga: 6 Tips Packing Koper Saat Travelling agar Pakaian Tidak Kusut

1. Kemas pakaian yang tahan bau

Pilihlah pakaian dengan bahan kain seperti wol merino, polygiene, atau yang ditenun dengan bahan anti-bakteri yang semuanya dirancang untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau. 

Memilih baju tahan bau akan memungkinkanmu bisa memakai kembali baju itu lagi tanpa harus mencucinya atau memikirkan baunya. 

2. Buat daftar rencana pakaian setiap harinya 

Periksa rencana perjalanan hari demi hari dan siapkan pakaian lengkap untuk per harinya agar bisa memperkirakan harus membawa berapa banyak pakaian.  

Baca juga: 5 Cara Mudah dan Cepat Packing Barang untuk Liburan

Dengan melakukan hal ini, diharapkan semua baju yang dibawa akan berguna dan tak sia-sia, daripada membawa banyak baju dan berakhir banyak yang tak terpakai.

3. Pakai sepatu serbaguna

Jika memiliki rencana untuk berolahraga saat bepergian, bawalah sepasang sepatu yang bisa digunakan untuk berlari, sekaligus juga cocok untuk jalan-jalan santai.

Ilustrasi packing barang untuk bepergian.PEXELS/VLADA KARPOVICH Ilustrasi packing barang untuk bepergian.

Membawa sepatu serbaguna membuat ruang penyimpanan tak menjadi penuh karena harus membawa beberapa sepatu dengan model berbeda saat berpergian. 

4. Koordinasikan barang dengan teman perjalanan

Saat bepergian dengan seorang teman, coba diskusi dan putuskan siapa yang akan membawa perlengkapan mandi, seperti pasta gigi dan tabir surya agar barang bawaan tidak berlipat ganda.

Baca juga: Tips Packing Pakaian untuk Musim Dingin agar Koper Muat Banyak

5. Kemas barang-barang yang cocok

Hanya bawa barang-barang yang cocok satu sama lain, seperti memilih warna pakaian netral, sehingga Anda dapat memadupadankan atasan dan bawahan dengan mudah. 

Peraturan yang praktis lain adalah hanya mengemas barang-barang yang bisa dipakai dengan setidaknya dua potong pakaian lainnya di dalam koper. 

6. Kemasi barang favorit 

Ingat untuk membawa barang kesukaan, jika menemukan sesuatu yang memang tak pernah dipakai, jangan bawa berpergian, sebaiknya tinggalkan di rumah atau sumbangkan saja. 

Baca juga: Catat, 10 Aturan Packing untuk Pelesiran

Kemas juga barang-barang yang membuat nyaman dan merasa percaya diri, bukan barang-barang yang jarang dipakai karena akhirnya juga tak akan berguna. 

7. Cuci pakaian selama bepergian

Demi mencegah overpacking, tips lainnya adalah dengan mencuci pakaian saat bepergian. Jika menginap di suatu hotel, biasanya tersedia layanan laundry.

Memilih bahan pakaian tipis adalah salah satu cara packing barang bawaan yang tepat agar tak memerlukan bagasi tambahan.UNSPLASH/SARAH BROWN Memilih bahan pakaian tipis adalah salah satu cara packing barang bawaan yang tepat agar tak memerlukan bagasi tambahan.

Kamu bisa memanfaatkan layanan laundry. Dengan begitu, tak perlu membawa pakaian yang terlalu banyak.  

Baca juga: Tips Packing Mudik: Hindari Bawa Oleh-oleh Berlebihan

Kamu pun bisa membawa diterjen kemasan sendiri dan mencuci di wastafel ataupun bak mandi hotel agar lebih hemat.

8. Pilih tas ukuran kecil

Pilihlah tas atau koper kecil dan ringan, karena jika langsung memilih tas besar maka, kemungkinannya besa Anda akan mengisinya dengan barang-barang yang tak benar-benar dibutuhkan. 

Alasannya biasanya juga hanya karena masih ada ruangan di tas tersebut, dan penyesalan datang saat sudah sampai bandara. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com