Kompas.com - 30/01/2022, 12:43 WIB

KOMPAS.com - Ada beberapa tempat wisata Bogor yang dapat dikunjungi di masa liburan Imlek, terutama bagi warga Jabodetabek. Adapun perayaan Tahun Baru Imlek tinggal dua hari lagi, yakni Selasa, (01/02/2022).

Beberapa di antara rekomendasi tempat wisata Bogor ini bahkan menggelar acara khusus untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek. Jadi, kamu dan keluarga bisa semakin merasakan kemeriahan suasana perayaan tahun baru kalender lunar tersebut.

Baca juga: Tempat Bernuansa China yang Pas Dikunjungi Saat Imlek

Wisata Bogor untuk liburan Imlek

1. Taman Safari

Wisata Taman Safari merupakan salah satu kebun binatang di Indonesia yang sangat familiar di masyarakat. Kebun binatang ini berlokasi di Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Taman Safari memberikan pengalaman kepada pengunjung untuk menyaksikan dari dekat kehidupan satwa di sana. Pada paket safari siang misalnya, wisatawatan bisa berkeliling menggunakan kendaraan pribadi untuk melihat kehidupan satwa di alam.

Selain safari siang, Taman Safari juga memiliki tawaran aktivitas lainnya bagi pengunjung. Mulai dari Istana Panda, Safari Trek&Outbond, serta Safari Malam.

Untuk memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek, Taman Safari juga menggelar acara khusus yang bertajuk Lucky Lunar in Love. Gelaran tersebut akan diselenggarakan pada 3-28 Februari 2022.

Mengutip Instagram resmi Taman Safari, @taman_safari, ada penampilan spesial yakni Barong Liong yang akan digelar untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek. Selain itu, ada pentas drama musical, permainan berhadiah, doorprize, cosplay, dan lainnya.

Wisatawan yang berminat menghabiskan liburan Imlek di Taman Safari bisa membeli tiket secara online melalui https://bogor.tamansafari.com/index.php. Harga tiket ke Taman Safari mulai dari harga Rp 205.000 per orang.

Baca juga: Solo Pasang Kembali Lampion Jelang Imlek 2022, Jumlahnya Dikurangi

2. Jalan Suryakencana

Jalan sepajang lebih kurang satu kilometer tersebut merupakan kawasan Pecinan Bogor. KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Jalan sepajang lebih kurang satu kilometer tersebut merupakan kawasan Pecinan Bogor.

Jalan Suryakencana merupakan kawasan Chinatown atau Pecinan di Bogor. Sepanjang jalan, pengunjung bisa menemukan bangunan dengan arsitektur China, kuliner khas China, dan wihara.

Saat Tahun Baru Imlek, kawasan Jalan Suryakecana tampak lebih meriah. Beberapa bangunan di sisi jalan dihiasi dengan ornamen khas China, seperti lampion.

Di dekat gerbang masuk Jalan Suryakencana, terdapat salah satu wihara tertua di Bogor, yakni Vihara Dhanagun.

Mengutip Kompas.com, Rabu (31/01/2018), menjelang perayaan Tahun Baru Imlek, Vihara Dhanagun pun bersolek. Mulai dari renovasi kecil-kecil, cat ulang bangunan wihara, memasang lilin, hingga bersih-bersih ornamen.

Wihara ini biasanya menjadi titik awal karnaval saat perayaan Imlek. Adapula, panggung utama yang didirikan di depan wihara. Wisatawan umum diizinkan masuk untuk melihat keunikan bangunan wihara.

Namun, ada beberapa ruangan yang tidak boleh dikunjungi wisatawan umum, karena khusus untuk tempat ibadah. Saat ini, Bogor masuk PPKM level 2, jadi semua kegiatan perayaan Imlek digelar dengan protokol kesehatan ketat.

Baca juga: Tempat Bernuansa China yang Pas Dikunjungi Saat Imlek

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.