Kompas.com - 31/01/2022, 06:06 WIB

KOMPAS.com – Kadang kala, orang-orang yang menginap di hotel mencari letak lantai 13 hotel bertingkat. Pastinya banyak yang bertanya-tanya mengapa tidak pernah menginap di kamar hotel yang ada di lantai 13. 

Melansir dari Travel and Leisure, Minggu (30/1/2022), alasan utama tidak ada lantai 13, sebenarnya karena adanya triskaidekaphobia, atau ketakutan akan angka 13.

Seperti yang dilaporkan USA Today, ketakutan akan angka 13 bukan hanya fobia kecil-kecilan yang membuat orang menghindari pergi keluar pada hari Jumat tanggal 13. 

Baca juga: Kenapa Tidak Ada Guling di Kamar Hotel, Ini Alasannya

Namun, fobia itu bisa menyebabkan orang menderita kecemasan akut saat mereka datang ke tempat yang berhubungan dengan angka 13. 

Melewatkan lantai 13 di suatu gedung atau hotel pun dianggap dapat membantu menyelamatkan pelanggan yang menderita ketakutan khusus ini.

Banyak yang tidak nyaman tinggal di lantai 13

Mungkin memang tampak berlebihan untuk melewatkan semua lantai untuk beberapa pelanggan yang ketakutan. 

Akan tetapi, survei yang dilakukan Gallup pada 2007 mengatakan bahwa 13 persen responden mengatakan, mereka merasa tidak nyaman tinggal di lantai 13 sebuah hotel.

Sesuai dengan pemikiran rasional, hotel dan bangunan yang lebih tinggi dari 12 lantai akan memiliki lantai 13. Namun, banyak hotel mereka memilih menghapusnya. 

Baca juga: Cara Check In Hotel Langsung Tanpa Booking Online, Perhatikan Hal Ini

Angka lantai 13 digantikan dengan sesuatu yang lain, banyak bangunan di New York City yang menyebut angka 13 sebagai 12B  atau 14A. 

The Atlantic menjelaskan dalam sebuah survei oleh CityReality, ditemukan bahwa dari 629 bangunan kondominium yang terdaftar dengan 13 lantai atau lebih, hanya 55 yang menyebut lantai 13 sebagai lantai 13. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.