Kompas.com - Diperbarui 06/07/2022, 18:19 WIB

KOMPAS.com – Keamanan menjadi salah satu aspek terpenting yang perlu kita cari tahu ketika hendak menjelajahi berbagai negara. Mengetahui daftar negara dengan tingkat kejahatan tertinggi tentu bisa membuat kita lebih waspadai ketika berkunjung ke sana.

Pada 2021, World Population Review telah mengumpulkan daftar negara yang memiliki tingkat kejahatan tertinggi.

Baca juga: 15 Gedung Tertinggi di Dunia, Ada yang Punya Lubang Kotak di Puncaknya

Secara umum, tingkat kejahatan dihitung dengan membagi jumlah kejahatan terlapor dengan total populasi. 

Kemudian, hasilnya dikalikan dengan 100.000 karena tingkat kejahatan biasanya dilaporkan sebagai jumlah kejahatan x per 100.000 orang.

Perlu diketahui bahwa tingkat kejahatan cukup bervariasi dari satu negara ke negara lain, serta dipengaruhi banyak faktor. 

Misalnya, menurut laman resmi tersebut, tingkat kemiskinan dan pengangguran yang tinggi cenderung menaikkan tingkat kejahatan suatu negara. 

Sebaliknya, pelaksanaan aturan yang ketat dan hukuman yang berat cenderung dapat mengurangi tingkat kejahatan. 

Baca juga: Daftar 10 Kota Paling Tidak Layak Huni di Dunia 2022

Terdapat pula korelasi yang kuat antara usia dan kejahatan. Sebagian besar kejahatan, terutama jenis kejahatan dengan kekerasan, dilakukan oleh mereka yang berusia antara 20-30 tahun.

Diketahui, tingkat kejahatan secara keseluruhan di Amerika Serikat (AS) adalah 47,70. Angka tersebut menurun tajam selama 25 tahun terakhir. 

Tingkat kejahatan juga sangat bervariasi antarnegara bagian. Beberapa negara bagian, seperti Alaska, New Mexico, dan Tennessee, mengalami tingkat kejahatan yang jauh lebih tinggi daripada Maine, New Hampshire, dan Vermont. 

Sementara itu, beberapa negara dengan tingkat kejahatan terendah di dunia, antara lain Swiss, Denmark, Norwegia, Jepang, dan Selandia Baru. 

Negara-negara tersebut dinilai memiliki penegakkan hukum yang efektif. Denmark, Norwegia, dan Jepang memiliki beberapa undang-undang senjata paling ketat di dunia.

Baca juga: 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia 2022, Ada dari Asia

Berikut ini adalah daftar negara dengan tingkat kejahatan paling tinggi di dunia, dinyatakan dalam per 100.000 orang, secara global. 

1. Venezuela (83,76)

Pemandangan ibu kota Venezuela, Caracas.WIKIMEDIA/OSCAR Pemandangan ibu kota Venezuela, Caracas.

Venezuela memiliki indeks kejahatan yang mencapai 83,76 dan menjadi yang tertinggi di dunia. 

Departemen Luar Negeri AS telah mengeluarkan peringatan perjalanan level 4 untuk Venezuela, sekaligus menunjukkan bahwa tidak aman untuk bepergian ke negara itu.

Baca juga: 5 Fakta Bandara Internasional Hamad di Qatar, Terbaik di Dunia 2022

Tingginya tingkat kejahatan Venezuela berhubungan dengan berbagai faktor, termasuk pemerintahan yang korup, sistem peradilan yang lemah, dan kontrol senjata yang buruk.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

 

2. Papua Nugini (80,79)

Ilustrasi Bougainville, Papua Nugini.SHUTTERSTOCK.com/ALEX EAST Ilustrasi Bougainville, Papua Nugini.

Negara kedua dengan tingkat kejahatan yang tinggi adalah Papua Nugini dengan indeks kejahatan 80,79. 

Kejahatan di Papua Nugini, terutama kejahatan dengan kekerasan, dipicu oleh perubahan sosial, ekonomi, dan politik yang cepat. 

Ada juga kejahatan terorganisir, berupa korupsi yang banyak terjadi di kota-kota besar dan berkontribusi besar terhadap tingginya angka kejahatan. 

Baca juga: 10 Nama Kota Paling Sulit Diucapkan di Dunia, Berdasarkan Survei 

Letak geografis Papua Nugini dinilai menjadikannya negara yang dianggap signifikan untuk perdagangan narkoba dan manusia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.