Kompas.com - 01/02/2022, 10:10 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), punya goa yang sedang disiapkan untuk side event G20, yakni Goa Batu Cermin.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno sempat mengunjungi serta menjelajahi Goa Batu Cermin pada Jumat (28/01/2022).

Terletak tidak jauh dari pusat kota Labuan Bajo, Gua Batu Cermin menjadi salah satu wisata yang unik yang ada di Labuan Bajo. Selain itu, begitu banyak sejarah dan cerita di balik destinasi alam itu.

Itulah yang menjadi pusat perhatian Sandiaga Uno saat berkunjung ke destianasi tersebut. Menurutnya destinasi itu bisa menjadi salah satu destinasi wisata edukasi.

Baca juga: Waterfront, Titik Nol Labuhan Bajo dengan Pemandangan yang Indah

"Tempat ini sangat unik dan original. Narasi serta cerita yang dibangun bisa menjadi wawasan dan pengalaman baru kepada para pengunjung," kata dia kepada awak media usai menjelajahi Gua Batu Cermin, Jumat (28/1/2022).

Goa Batu Cermin juga direncanakan akan menjadi salah satu tempat berlangsungnya side event G20 di Labuan Bajo. Pihak Sandiaga pun siap mendukung dengan berbagai pelatihan dan pendampingan, sehingga ada peningkatan kapasitas dalam hal pelayanan.

"Kami juga akan bantu dengan upskilling dan reskilling. Ini adalah bagian dari kebangkitan ekonomi kita," tutur Sandiaga.

Ia berharap upaya itu bisa membuka lapangan pekerjaan dan peluang usaha karena sudah ada tempat suvenir dan berbagai produk lokal lainnya.

Luruskan arti Pariwisata Premium

Sandiaga juga menyinggung konsep pariwisata premium yang masih sering disalahartikan. Ia menegaskan, premium bukan berarti mahal, tetapi berkualitas dan tidak mengejar kuantitas.

Super premium berarti destianasi berkualitas, terutama dari segi pelayanan dan titik beratnya bukan pada kuantitas atau jumlah. Semua lini akan disentuh kebijakan yang berkeadilan, berdaya saing, dan berkelanjutan.

Baca juga: Creative Hub Puncak Waringin Labuan Bajo Jadi Tempat Kolaborasi Pelaku Ekraf

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.