Kompas.com - 01/02/2022, 19:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah dan penyelenggara MotoGP Mandalika 2022 tengah menyiapkan skema bundling untuk para penonton yang hadir menyaksikan secara langsung.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyebutkan, MotoGP Mandalika diselenggarakan secara kolaboratif dan melibatkan berbagai pihak, seperti pemerintah pusat dan daerah, Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA), serta pihak swasta.

Adapun skema bundling tersebut kemungkinan akan mencakup tiket menonton MotoGP, akomodasi, serta transportasi dari dan menuju The Mandalika.

Akomodasi yang disiapkan adalah hotel-hotel berbintang,
homestay milik masyarakat setempat, dan hunian di desa-desa wisata di Lombok.

"Penyiapan skema bundling ini juga berdasarkan minat pencinta balap Indonesia yang sangat tinggi untuk menyaksikan ajang motorsport nomor satu dunia ini," ucap Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (31/01/2022).

Baca juga:

Sandiaga berharap, skema bundling ini akan membuat para wisatawan semakin tertarik dan memudahkan mereka ketika memutuskan untuk menyaksikan perhelatan MotoGP secara langsung.

Seluruh pihak yang terlibat juga akan memetakan sebaran akomodasi di Nusa Tenggara Barat (NTB), termasuk memastikan tingkat okupansi untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan kamar hotel, homestay, dan sarhunta.

Opsi penambahan akomodasi yang disiapkan termasuk penyediaan hotel terapung berkolaborasi dengan PELNI, operator kapal pesiar, dan operator LoB/kapal phinisi, serta pemanfaatan hunian di sekitar Mandalika yang layak dan balai- balai pelatihan milik kementerian dan lembaga.

Camping ground juga akan disiapkan sebagai bagian dari kerja sama bersama operator seperti Eiger dan BoboBox.

Untuk sementara, camping ground rencananya akan dibangun di zona barat dan timur Mandalika, yang konsepnya tengah dimatangkan oleh pemerintah setempat.

Sandiaga memastikan, semua persiapan berjalan sesuai rencana.

"Semua dalam progress yang on track," ucapnya.

Baca juga: Jelang MotoGP, 226 Hotel di Gili Matra NTB Belum Dapat Pesanan

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.