Kompas.com - 02/02/2022, 07:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan tahun lalu, ada sebuah kebiasaan yang disebut sebagai tradisi Patekoan di Glodok, Jakarta Barat. Bentuknya adalah membagikan minuman teh gratis kepada siapapun yang kebetulan lewat.

Kompas.com mengetahui sejarah di balik tradisi unik ini saat mengikuti Lunar Festival Walking Tour yang diselenggarakan oleh Jakarta Good Guide, Minggu (30/1/2022).

"Orang-orang Tionghoa di Batavia khususnya, punya tradisi Patekoan. Ini bermula dari kebiasaan memberikan minuman gratis pada siapa saja yang lewat di depan kantor seorang Kapitan Tionghoa bernama Gan Djie," jelas tour guide Hans.

Baca juga: Itinerary Seharian di Glodok, Cocok Dikunjungi Saat Libur Imlek

Ia menambahkan, Kapitan Gan Djie merupakan seorang saudagar sekaligus pejabat pemerintahan yang dermawan pada tahun 1920-an.

Pada saat itu, istrinya, yang merupakan orang Bali, mempunyai inisiatif untuk memberikan minuman gratis kepada orang-orang yang lewat karena kelelahan atau numpang berteduh di depan tempat mereka.

Pantjoran Tea House di Glodok, Jakarta Barat menyediakan teh gratis setiap hari.Kompas.com/Silvita Agmasari Pantjoran Tea House di Glodok, Jakarta Barat menyediakan teh gratis setiap hari.

"Saat zaman Belanda, teh ini bisa diminum siapa saja. Dari mulai buruh, pekerja kasar, masyarakat, bahkan orang Belanda. Soalnya dulu cari warung atau beli minum itu susah,” lanjut Hans.

Baca juga:

Minuman yang disediakan berupa teh di dalam beberapa teko, yang jumlahnya delapan buah.

Ini merupakan alasan di balik penyebutan tradisi Patekoan. Kata "pat" dalam bahasa Mandarin artinya delapan, sementara "tekoan" itu berarti teko.

Lantas, mengapa minuman yang diberikan berupa teh?

"Jadi dulu Kapitan Gan Djie ingin membantu orang-orang terutama pekerja dan buruh, daripada ke sungai minum air kotor kan bisa diare. Sementara teh itu anggapannya minuman herbal yang baik bagi tubuh," paparnya. 

Baca juga: Sering Dibilang Angker, Ini Sejarah Gedung Kuno di Kawasan Glodok

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.