Kompas.com - 02/02/2022, 18:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan memberlakukan skema travel bubble untuk pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) dalam perhelatan internasional MotoGP Mandalika 2022.

Skema ini akan diberlakukan untuk pembalap, ofisial, dan kru yang terlibat dalam perhelatan ini.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, skema serupa sebelumnya juga sudah diterapkan pada penyelenggaraan Indonesia Badminton Festival (IBF) 2021.

"Konsep besarnya adalah memberikan ruang bagi kru, pembalap, dan elemen penting event MotoGP tetap berada di bubble yang aman, seperti gelaran event IBF 2021 yang lalu," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (31/02/2022).

Baca juga: Pemerintah Gunakan Skema Travel Bubble untuk MotoGP dan G20

Sandiaga menjelaskan skema travel bubble tersebut secara rinci. Nantinya, pembalap, ofisial, dan kru diizinkan untuk berkegiatan di luar kamar, namun terbatas pada wilayah dan durasi waktu tertentu.

Namun, teknis pelaksanaan "karantina" menurutnya akan diputuskan oleh Kementerian Kesehatan.

"Adanya Satgas yang khusus memantau protokol dinilai akan mendorong kepatuhan terhadap sistem bubble," ucapnya.

Bagaimana alurnya?

Sirkuit Mandalika siap menghelat MotoGP Mandalika 2022.DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Sirkuit Mandalika siap menghelat MotoGP Mandalika 2022.

Setibanya di Indonesia, pembalap, ofisial, dan kru yang merupakan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) akan melalui proses visa dan custom clearance terlebih dahulu.

Kemudian, mereka akan menjalani tes PCR dan langsung diarahkan ke hotel khusus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.