Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Pesan Tiket Kereta Api Online lewat Website dan KAI Access

Kompas.com - Diperbarui 16/09/2022, 17:20 WIB
Ulfa Arieza ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon penumpang kereta api wajib tahu cara memesan tiket kereta api secara online, jadi mereka tidak perlu lagi datang ke stasiun untuk melakukannya.

PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI (Persero) menyediakan dua cara untuk memesan tiket kereta api online, yaitu melalui situs web https://booking.kai.id dan aplikasi KAI Access.

Keduanya bisa diakses melalui PC, laptop, dan handphone guna menghemat waktu dan biaya calon penumpang. 

Baca juga:

Cara pesan tiket kereta api online lewat https://booking.kai.id

Ilustrasi Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.DOK KAI Daop 1 Jakarta Ilustrasi Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Berikut langkah-langkah untuk memesan tiket kereta api online via situs web:

  1. Pertama, masuk ke situs web https://booking.kai.id.
  2. Selanjutnya, pilih “Login” untuk masuk ke akun kamu dengan menuliskan username berupa alamat email atau nomor handphone. Jangan lupa isi password akun.
  3. Apabila belum memiliki akun, maka pilih “Register”. Kamu akan diminta mengisi biodata lengkap meliputi jenis kelamin, nomor identitas (NIK atau paspor), tanggal lahir, nomor handphone, nama lengkap, dan e-mail.
  4. Setelah mengisi biodata lengkap, kamu wajib membuat password akun KAI. Pastikan password tersebut aman, yakni minimal enam karakter serta kombinasi huruf dan angka.
  5. Apabila proses login sukses, selanjutnya calon penumpang bisa memilih stasiun asal dan stasiun tujuan. Pastikan stasiun yang dipilih sudah benar.
  6. Isi tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang. Apabila hendak membeli tiket kereta untuk diri sendiri dan keluarga, maka kamu bisa memesannya sekaligus dalam satu kode booking. Tinggal sesuaikan jumlah penumpang yang hendak membeli tiket.
  7. Pilih “Cari & Pesan Tiket”.
  8. Pilih jadwal kereta sesuai dengan stasiun keberangkatan kamu. PT KAI menyediakan informasi nama kereta, waktu keberangkatan, durasi perjalanan, waktu tiba di tujuan, harga tiket, dan sisa kursi tersedia.
  9. Setelah menemukan jadwal kereta yang tepat, klik “Pesan”. Pastikan data pemesanan dan data penumpang sudah diisi dengan benar.
  10. Bila ingin pindah kursi, pilih opsi "Pilih Kursi". Kamu bisa memindahkan nomor kursi sesuai kebutuhan.
  11. Jika sudah selesai, klik pilihan "Konfirmasi Pindah Kursi" atau "Set ke Tempat Duduk Semula", lalu klik "Lanjut ke Pembayaran".
  12. Kemudian situs web akan menampilkan total pembayaran beserta informasi tiket, serta saluran pembayaran.
  13. Pilih salah satu dari sejumlah pilihan saluran pembayaran yang disediakan oleh PT KAI, di antaranya ATM/mobile banking/internet banking, gerai ritel, dan payment point.
  14. Pilih saluran pembayaran sesuai dengan kebutuhan kamu. PT KAI juga menyertakan tata cara pembayaran melalui setiap saluran.
  15. Pilih “Bayar”. Selanjutnya, akan muncul informasi kode pembayaran dan batas waktu pembayaran.
  16. Pastikan kamu membayar tiket kereta api sesuai dengan petunjuk langkah-langkah sebelum batas waktu habis. Jika tidak, maka pemesananmu dinyatakan batal, sehingga kamu harus mengulang dari awal.

Baca juga: Stasiun Pasar Senen dan Gambir Jakarta Kini Punya Hutan Mini Instagramable

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com