Kompas.com - 03/02/2022, 12:56 WIB

KOMPAS.com - Pelabuhan Penyeberangan Ajibata berada di Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Pelabuhan ini berperan penting dalam memudahkan mobilitas masyarakat setempat, khususnya bagi yang ingin menyeberangi Danau Toba.

Baca juga: 7 Hotel di Pinggir Danau Toba yang Ada Kolam Renang

Berikut sejumlah fakta tentang Pelabuhan Penyeberangan Ajibata yang telah dirangkum Kompas.com, Kamis (3/2/2022):

Diresmikan oleh Presiden Joko Widodo

Presiden Jokowi meresmikan 7 pelabuhan dan 4 kapal motor penyeberangan (KMP) di Pelabuhan Ajibata, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Rabu (2/2/2022). Dalam kunjungannya di Sumut ini Jokowi melakukan sejumlah peresmian, antara lain Jalan Bypass Balige, penataan Kawasan Pantai Bebas Parapat, dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Parapat.BPMI SETPRES/AGUS SUPARTO Presiden Jokowi meresmikan 7 pelabuhan dan 4 kapal motor penyeberangan (KMP) di Pelabuhan Ajibata, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Rabu (2/2/2022). Dalam kunjungannya di Sumut ini Jokowi melakukan sejumlah peresmian, antara lain Jalan Bypass Balige, penataan Kawasan Pantai Bebas Parapat, dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Parapat.

Pelabuhan Penyeberangan Ajibata diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (2/2/2022), dikutip dari Kompas.com, Rabu. 

Pada saat yang sama, Presiden juga meresmikan enam pelabuhan penyeberangan lainnya, yaitu Pelabuhan Penyeberangan Balige di Kabupaten Toba, Simanindo di Kabupaten Samosir, Tigaras di Kabupaten Simalungun, Muara di Kabupaten Tapanuli Utara, Baktiraja di Kabupaten Humbang Hasundutan, dan Tongging di Kabupaten Karo. 

Baca juga: Berwisata ke Danau Toba Naik DAMRI, Ini Rute dan Tarifnya

Tidak hanya itu, Presiden juga meluncurkan empat Kapal Motor Penyeberangan (KMP), yaitu KMP Pora-pora, KMP Kaldera Toba, Bus Air KMP Asa-asa, dan Bus Air KMP Jurung-jurung. 

Ilustrasi Kapal Motor Penumpang (KMP) Kaldera Toba.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ilustrasi Kapal Motor Penumpang (KMP) Kaldera Toba.

“Pelabuhan dan kapal sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang tinggal di sekitar Danau Toba untuk mendukung aktivitas dan mobilitas sehari-hari, menyeberang dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain, meningkatkan konektivitas antarkecamatan dan antarkabupaten,” kata Presiden melalui keterangan resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Rabu. 

Baca juga: Tak hanya Danau Toba, Sumatera Utara Punya Banyak Wisata Menarik

Melayani penyeberangan ke Pulau Samosir

Danau Toba dengan Pulau Samosir dan nelayan pencari ikan, diambil dari salah satu sudut di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera UtaraKOMPAS.COM/MEI LEANDHA ROSYANTI Danau Toba dengan Pulau Samosir dan nelayan pencari ikan, diambil dari salah satu sudut di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara

Menurut laman PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero), salah satu rute yang dilayani di Pelabuhan Penyeberangan Ajibata adalah Ajibata - Ambarita.

Adapun Pelabuhan Ambarita berada di Pulau Samosir yang ada di tengah Danau Toba. 

Jarak yang ditempuh 15 kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar satu jam.  

Baca juga: Mau Liburan ke Samosir? Ini Panduan Jalur Masuk dan Kendaraan ke Sana

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.