Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Februari, Selandia Baru Buka Bertahap Pintu Masuk Internasional

Kompas.com - 03/02/2022, 19:23 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber CNN,BBC

KOMPAS.com - Selandia Baru akan segera membuka pintu masuk wisatawan asing setelah dua tahun menerapkan aturan perbatasan ketat.

Melansir CNN, Perdana Menteri Jacinda Ardern menguraikan perencanaan lima langkah yang memungkinkan warga Selandia Baru yang berada di Australia dan sudah divaksin dosis lengkap boleh pulang ke negara tersebut, mulai akhir Februari.

Mereka harus menjalani isolasi saat kedatangan, tetapi tidak perlu pergi ke fasilitas karantina yang disediakan pemerintah.

Pada Juli, pelaku perjalanan luar negeri yang telah divaksin dosis lengkap, baik dari Australia maupun negara-negara bebas visa lainnya, diizinkan masuk ke Selandia Baru dan mengisolasi diri pada saat kedatangan.

"Isolasi dapat dilakukan di rumah atau akomodasi alternatif yang sesuai," demikian tertulis dalam situs pemerintah, seperti dikutip CNN, Kamis (02/03/2022).

Baca juga:

Mengacu pada pernyataan tersebut, belum diketahui apakah di luar warga Selandia Baru dapat melakukan isolasi di hotel, apartemen sewaan, atau akomodasi serupa untuk keperluan isolasi mandiri.

Melansir BBC, pembukaan pintu internasional Selandia Baru direncanakan akan melalui lima tahap berikut:

  • Tahap 1: warga Selandia Baru dari Australia yang sudah divaksin dosis lengkap boleh pulang mulai 27 Februari 2022.
  • Tahap 2: warga negara lainnya yang sudah divaksin dosis lengkap boleh masuk ke Selandia Baru mulai 13 Maret 2022.
  • Tahap 3: hingga 5.000 siswa internasional diperbolehkan masuk mulai 12 April 2022.
  • Tahap 4: warga Australia dan negara lainnya yang biasa bepergian ke Selandia Baru dengan skema bebas visa direncanakan boleh datang paling lambat Juli.
  • Tahap 5: mulai Oktober 2022, semua pelancong dan siswa yang biasa menggunakan visa untuk masuk ke Selandia Baru diperbolehkan masuk.

Pengumuman ini membawa angin segar bagi Selandia Baru yang selama ini memberlakukan salah satu aturan pembatasan paling ketat di dunia untuk mencegah Covid-19.

Pada Maret 2020, negara kepulauan di tenggara Australia ini melarang hampir semua wisatawan asing dan mengharuskan pelaku perjalanan luar negeri menjalani karantina dengan biaya sendiri.

Untuk menangani masalah karantina yang terbatas, Selandia Baru memberlakukan sistem lotere karantina, yang memungkinkan warga memasukkan antrean online pada waktu yang ditentukan untuk mendapatkan tempat karantina.

Meski membuat banyak warganya sulit untuk pulang dari luar negeri, namun sistem ini terbukti mampu menjaga angka kasus Covid-19 negara tersebut tetap rendah, dengan angka kematian hanya 53 pasien, menurut Kementerian Kesehatan Selandia Baru.

Menerapkan sistem tersebut membuat Ardern berada di bawah tekanan, terutama untuk melonggarkan aturan dan memungkinkan warga Selandia Baru yang tinggal di luar negeri bisa pulang.

Ia memahami bahwa pilihan tersebut mungkin berat bagi sebagian orang, namun sistem tersebut "tidak dapat disangkal, mampu menyelamatkan banyak nyawa," ujarnya.

Baca juga:

Halaman:
Sumber CNN,BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com