Siapa yang Harus Diberi Tip Saat Menginap di Hotel, Begini Aturannya

Kompas.com - 04/02/2022, 08:10 WIB

KOMPAS.com – Saat menginap di hotel, para staf yang sedang bekerja biasanya akan dengan sigap memberikan bantuan kepada para tamu.

Dari seluruh bantuan yang diterima saat menginap di hotel, tak semua tamu mengetahui, apakah memberikan tip itu wajib atau sukarela. 

Tak hanya soal pemberian tip, banyak tamu hotel juga yang masih bingung siapa saja yang harus diberikan tip saat mendapatkan bantuan. 

Daripada bingung, Kompas.com akan membantu orang-orang yang belum mengerti soal  memberikan tip dengan beberapa penjelasan berikut ini. 

Baca juga: Kapan Harus Kasih Tip ke Karyawan Hotel? Ini Waktu yang Tepat

Hal pertama yang perlu diketahui adalah memberi tip kepada staf hotel yang telah membantu itu tidak wajib. 

Jadi sukarela saja, meski begitu, terkadang para tamu mungkin tidak tahu bahwa mereka para staf hotel, terutama yang bekerja di bagian housekeeping telah bekerja sangat keras, dikutip dari HuffPost, Kamis (3/2/2022). 

“Anda mungkin kadang-kadang melewati pembantu rumah tangga atau housekeeper hotel di lorong, tetapi Anda jarang melihat betapa luar biasa kerasnya mereka bekerja,” kata Presiden Mannersmith Etiquette Consulting Jodi R.R. Smith.

Baca juga: Kenapa Tidak Ada Lantai 13 di Hotel? Ini Penjelasan Lengkapnya

Ia melanjutkan, mereka harus membersihkan kamar, mengganti seprai, merapikan tempat tidur, dan mengelap kamar mandi.

“Semua ini, harus dilakukan tanpa mengganggu para tamu dan tak mengubah letak barang-barang mereka dalam durasi yang sering kali singkat,” sambung dia. 

Menurut Unite Here, pekerjaan yang dilakukan mereka juga cukup berbahaya. Hosekeeper hotel bisa mengalami tingkat cedera karena pekerjaan mereka yang menuntut fisik kuat dan waktu yang singkat. 

Ilustrasi pekerja di hotel Shutterstock Ilustrasi pekerja di hotel

Halaman:


Video Pilihan

Sumber HuffPost
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.