Kompas.com - 05/02/2022, 21:58 WIB

KOMPAS.com - Banyak hal yang bisa dilakukan para penggemar film ketika berwisata. Mulai dari merasakan bagaimana nonton film di bioskop setempat hingga ikut tur ke lokasi syuting. 

Pada Desember 2021, situs web pembanding harga asal Inggrismoney.co.uk, membuat daftar 40 kota terbaik untuk para penggemar film. 

Peringkat tersebut dibuat berdasarkan sejumlah faktor, yaitu jumlah bioskop, jumlah tur yang berhubungan dengan film serta serial TV, jumlah lokasi syuting, dan jumlah festival film.

Meski Distrik Hollywood di Kota Los Angeles, Amerika Serikat (AS), telah lama dikenal sebagai pusat bisnis hiburan dunia, namun wilayah tersebut tidak masuk ke peringkat pertama. 

Baca juga:

Adapun London, Inggris, berada di peringkat pertama dengan skor 9,75 dari 10. Kota tersebut memiliki 161 bioskop dan 104 tur film. 

Selain itu, area Leicester Square kerap dijadikan lokasi premier film. Sejumlah tur film juga diadakan di kota tersebut, antara lain tur Warner Bros. Studios sebagai tempat pembuatan film Harry Potter dan tur serial TV Downtown Abbey. 

Emma Stone dan Ryan Gosling dalam film La La Land. Film ini mendapat 14 nominasi Oscar 2017, termasuk untuk Emma Stone dan Ryan Gosling.Summit Entertainment Emma Stone dan Ryan Gosling dalam film La La Land. Film ini mendapat 14 nominasi Oscar 2017, termasuk untuk Emma Stone dan Ryan Gosling.

Di peringkat kedua ada New York City, AS, dengan nilai 9,55 dari 10. Situs web tersebut menilai, kota ini kerap menjadi lokasi syuting ratusan film setiap tahunnya. 

Lebih dari 1.000 festival film juga digelar di kota ini, di antaranya New York Film Festival, Brooklyn Film Festival, Tribeca Film Festival, DOC NYC, Asian American International Film Festival, dan New York International Children's Film Festival. 

Baca juga:

Sementara itu, Los Angeles di AS berada di posisi ketiga dengan skor 9,49 dari 10. Diperkirakan satu dari enam penduduk di Los Angeles bekerja di industri kreatif di kota tersebut. 

Kota ini juga memiliki sejumlah studio film dan lebih dari 18.000 lokasi syuting, di antaranya Griffith Observatory, yang menjadi latar lokasi film La La Land, dan Bradbury Building di film 500 Days of Summer.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Money
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.