4 Negara dengan Biaya Hidup Murah untuk Pensiun 2022, Ada Indonesia

Kompas.com - 07/02/2022, 11:22 WIB

KOMPAS.com – Sebuah situs web yang membahas informasi seputar pensiunan di luar negeri, International Living, membuat daftar negara dengan biaya hidup yang terjangkau tahun 2022. 

Sebagaimana dikutip situs web International Living, Sabtu (5/2/2022), biaya hidup yang terjangkau merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan destinasi untuk pensiun di luar negeri. 

Dalam Annual Global Retirement Index (Indeks Masa Pensiun Global Tahunan) 2022, situs web tersebut memberi rekomendasi negara mana yang bisa dijadikan tempat tinggal dengan biaya hidup yang rendah.

Adapun rekomendasi yang diberikan berdasarkan survei yang dilakukan kepada koresponden di seluruh dunia guna mendapat biaya spesifik untuk sejumlah aspek, di antaranya makanan, biaya sewa, keperluan harian, transportasi, dan biaya tak terduga. 

Baca juga: 15 Pulau Terbaik untuk Pensiun Tahun 2021, Ada dari Indonesia

1. Vietnam

Ilustrasi Vietnam - Sebuah pantai di Pulau Phu Quoc, Vietnam.SHUTTERSTOCK / By DeltaOFF Ilustrasi Vietnam - Sebuah pantai di Pulau Phu Quoc, Vietnam.

Tempat pertama yang banyak dipilih berdasarkan survei adalah Vietnam. Negara ini terkenal akan penduduk setempat yang ramah, pemandangan, budaya, gaya hidup yang murah, dan makanan.

Biaya sewa, tagihan listrik, dan biaya kesehatan di rumah sakit internasional juga cukup terjangkau.

Jika tinggal di Vietnam, anggaran biaya hidup diperkirakan akan sekitar 1.500 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 21,6 juta. 

Pada tahun lalu, persentase biaya sewa di negara ini menurun dari 20 persen menjadi 50 persen.

Di Kota Hoi An dan Nha Trang, misalnya, biaya sewa apartemen dengan satu kamar tidur pada tahun lalu mulai dari 600 dolar AS atau sekitar Rp 8,6 juta per bulan, namun saat ini biaya sewanya mulai dari 300 dolar AS per bulan atau Rp 4,3 juta. 

Biaya sewa apartemen di Hanoi dn Ho Chi Minh juga mengalami penurunan sebanyak 30 persen. 

“Biaya ewa untuk apartemen tiga kamar tidur modern dan berperabotan lengkap di Hanoi, yang mencakup internet, air, TV kabel, keamanan 24 jam, dan housekeeping dua kali seminggu, telah turun dari 750 dolar AS (sekitar Rp 10,7 juta) menjadi 600 dolar AS (sekitar Rp 8,6 juta),” jelas salah satu koresponden di Asia Tenggara, Wendy Justice. 

Baca juga: 10 Negara Paling Bahagia di Dunia Versi World Happiness Report

2. Bali, Indonesia

Ilustrasi wisatawan yang datang ke destinasi wisata di Bali.PIXABAY/PEGGY_MARCO Ilustrasi wisatawan yang datang ke destinasi wisata di Bali.

Bali terkenal akan pemandangan alam, mulai dari pantai hingga sawah bertingkat, dan beragam aktivitas wisata. 

Terdapat aneka pilihan makanan di Pulau Dewata, mulai dari yang ada di restoran mewah hingga warung di pinggir jalan. 

Justice menjelaskan, beberapa pasangan yang tinggal di tepi Pantai Sanur dan Canggu mengatakan bahwa mereka hidup dengan anggaran sekitar 1.500 dolar AS per bulan atau sekitar Rp 21,6 juta. 

Biaya tersebut sudah termasuk sewa rumah dengan dua kamar tidur, makan di luar, dan belanja makanan impor. 

Kendati demikian, biaya tersebut juga berbeda di setiap daerah. Ia melanjutkan bahwa biaya hidup di Seminyak dan Legian lebih mahal. 

Harga sewa rumah dengan dua kamar tidur dan berperabotan di Sanur, yang termasuk pekarangan kecil dan kolam renang, berkisar antara 450 dolar AS (sekitar Rp 6,4 juta) hingga 800 dolar (sekitar Rp 11 juta) per bulan.

Jika memilih apartemen dengan tiga kamar tidur di tepi pantai, tepatnya di area sebelah selatan yang populer, harga sewa berkisar antara 550 dolar AS (sekitar Rp 7,9 juta) hingga 1.500 dolar (sekitar Rp 21,6 juta) per bulan. 

Perlu diketahui, sebagian besar properti sewaan di Bali harus dibayar di muka.

Baca juga: 10 Kereta Tercepat di Dunia, Ada yang Melayang di Atas Lintasan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.