Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyusuri Pusat Kuliner Tionghoa dan Obat Herbal di Petak Sembilan

Kompas.com - 08/02/2022, 10:16 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kawasan Pecinan di Glodok, Jakarta Barat, memiliki sejumlah obyek wisata khas Tionghoa yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pasar Petak Sembilan yang berada di jantung Pecinan.

Pasar yang ikonik ini menjadi salah satu tempat yang wajib didatangi jika berada di Pecinan.

Dikutip dari Kompas.com, Jumat (24/1/2020), seorang warga asli menyatakan bahwa konon, kawasan tersebut dinamai dengan Petak Sembilan karena dulu hanya ada sembilan petak rumah yang berdiri.

Terletak di Jalan Kemenangan Raya, Glodok, Tamansari, Jakarta Barat, pasar ini memiliki ciri khas di dekorasi ornamen Tionghoa.

Baca juga: Sejarah Kedatangan Etnis Tionghoa dan Cerita di Balik Arti Nama Glodok

Jika memasukki tempat ini, pedagang kaki lima akan ramai ditemukan di kanan dan kiri jalan untuk menjual berbagai macam dagangan.

Sebagaimana dikutip Jakarta Travel Guide, pasar ini menjual berbagai barang mulai dari sayuran, buah-buah, ikan, daging, obat herbal, hingga perlengkapan ibadah untuk umat Hindu dan Buddha.

Beberapa di antaranya adalah lampion, hio, jinzhi (uang arwah), serta baju Imlek cheongsam untuk pria dan changsan untuk wanita.

Tak hanya itu, menjelang perayaan Imlek, setiap tahunnya pasar Petak Sembilan akan menjajakan berbagai perlengkapan yang berhubungan dengan hari raya tersebut. Mulai dari dupa, kue keranjang, amplop angpau, hingga beragam jenis kue dan permen.

Baca juga:

Pasar ini juga terkenal menjual obat-obatan tradisional atau herbal alternatif dari China yang berkhasiat. Beberapa ruko obat herbal sangat lengkap dan bahkan sudah melewati lintas generasi, dilansir dari Kompas.com, Jumat.

Adapun keunikan Petak Sembilan salah satunya terletak di kuliner khas Tionghoa, dilansir dari Jakarta-tourism. Cara mendapatkannya adalah dengan menuju Gang Gloria yang menyediakan aneka ragam makanan halal dan non-halal.

Beberapa gerai makanan yang sudah cukup dikenal, antara lain Kedai Kopi Es Tak Kie, Mipan, Kari Lam Gang Gloria, Bakmie Amoy, dan rujak Shanghai.

Di kawasan ini juga terdapat beberapa wihara sebagai tempat ibadah. Salah satunya merupakan wihara tertua berusia ratusan tahun.

Baca juga: 5 Dekorasi Imlek Ini Diyakini Bawa Keberuntungan di Rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com